Sobekan Lead

Minggu 15-01-2023,05:30 WIB

Jika proporsional terbuka, apakah penentuan nomor urut berdasarkan besarnya 'MAHAR'? Tidak terkenal, tapi punya uang banyak, pasang di nomor awal, misal nomor 1 dan 2. Artis terkenal pasang nomor 3. Jika artis terpilih dengan suara terbanyak, dan masih menyisakan suara yang banyak, maka nomor 1 dan 2 itu bisa ikut lolos. Nomor nomor lain di bawah hanya sebagai 'penggembira' saja. 

Waris Muljono

Inilah satu satunya UU paling aktif jadi pembahasan : UU pemilu. Isinya bisa berubah, bahkan bisa berubah 180 derajat. Yg terdampak dengan uu pemilu ini? Hanya sebagian keciiiiiiiiiiiiil rakyat Indonesia , yaitu : presiden dan wapres, anggota dpr/mpr, dprd, Gubernur, bupati/walikota. Selain mereka, ga ngaruh....

Fa Za

Partai politik, yg direpresentasikan dalam bentuk fraksi di parlemen, sejatinya adalah perwakilan rakyat yg memilih partai itu karena partai telah menawarkan program pembangunan untuk kesejahteraan. Namun realitasnya, mereka melupakan rakyat, partai politik (dan fraksi di DPR) hanya untuk anggota partainya sendiri. Lebih miris lagi anggota bekerja untuk ketua umumnya. Bukan untuk rakyat.

Komentator Spesialis

Sistem terbuka atau tertutup tak terlepas dari sistem penentuan siapa yang akan terpilih dan mendapatkan kursi. Tapi ngapain ribet amat sih sampai debat bertele tele. Kalau memang kurang kursi, kan tinggal ditambah saja. Tinggal minta tukang mebel membuatkan kursi baru.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Kategori :

Terkait

Senin 16-01-2023,05:25 WIB

Gunung Poso

Minggu 15-01-2023,05:30 WIB

Sobekan Lead