Jembatan Cirahong Ditutup Total, Sejarahnya Dibangun Belanda pada 1893, Ini Keunikannya

Rabu 02-11-2022,14:43 WIB
Reporter : Usep Saeffulloh
Editor : Usep Saeffulloh

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM— Jembatan Cirahong ditutup total mulai Jumat, 4 November 2022. Dengan demikian, jalan alternatif dari Ciamis ke Tasikmalaya itu terlarang dilalui mobil, sepeda motor dan pejalan kaki.  

Jembatan Cirahong ditutup total sementara waktu karena akan diperbaiki oleh PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. 

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi atau PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo mengatakan, sementara Jembatan Cirahong ditutup total karena kayu yang menjadi jembatan harus dibongkar agar bisa melakukan perawatan baja. 

Adapun tujuan perawatan tersebut untuk mengurangi risiko korosif akibat debu dan air pada jembatan yang dibangun pada tahun 1893 itu. 

BACA JUGA: Aksi Mulia, Sutradara Sinetron Preman Pensiun Membangun Mesjid, Sekolah dan Bagikan Puluhan Ribu Buku Iqra

"Jadi itu upaya untuk mengurangi risiko korosif pada baja jembatan diakibatkan residu baik debu atau air di baja jembatan yang tertutup papan kayu tersebut," ujar Kuswardoyo saat dihubungi radartasik.com, Rabu, 2 November 2022.

Kuswardoyo mengatakan, atas nama KAI Daop 2 Bandung memohon maaf kepada pengguna Jembatan Cirahong.

Sebab Jembatan Cirahong ditutup total untuk sementara waktu sehingga masyarakat tidak bisa menggunakan jembatan yang dibangun era kolonial Belanda itu sampai pekerjaan selesai. 

"Ditutup total. Kami atas nama KAI Daop 2 Bandung memohon maaf kepada pengguna jembatan Cirahong yang untuk sementara tidak bisa melalui lokasi tersebut sampai proses pekerjaan bisa diselesaikan," kata Kuswardoyo.

BACA JUGA: Keunikan Jembatan Cirahong: Punya Tumpuan 4 Tiang, Bisa Dilalui Kereta Api, Mobil, Motor dan Pejalan Kaki

Meski sudah tertera spanduk pengumuman jika mulai ditutup sejak 1 November, akan tetapi Jembatan Cirahong sampai Rabu, 2 November 2022 masih bisa dilalui.

Menurut informasi pengerjaan perawatan Jembatan Cirahong baru akan dilakukan pada Jumat nanti. 

"Rencana hari ini mulai dikerjakan tapi berhubung satu dan lain hal maka kegiatan perbaikan baru akan kami eksekusi di hari Jumat ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih awal," kata Kuswardoyo.

BACA JUGA: Sejarah Jembatan Cirahong, Dibangun Belanda 1893, Besinya Didatangkan dari Eropa

Perihal pemasangan spanduk pengumuman, kata Kuswardoyo, sebagai bagian dari sosialisasi kepada pengguna jalan, sehingga nanti masyarakat sudah mengetahui ada penutupan ketika proses pengerjaan perbaikan jembatan dimulai.

Kategori :