Sahroni Tolak Keinginan Kapolda Gunakan Sirkuit Formula E untuk Balapan Motor, Begini Alasannya

Sabtu 25-06-2022,12:57 WIB
Editor : Radi Nurcahya

Radartasik, JAKARTA - Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni menolak wacana dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran yang ingin menggunakan Sirkuti Formula E di Ancol Jakarta Utara untuk ajang street race atau balapan motor. 

Menurut Sahroni, salah satu alasan penolakan penggunaan sirkuit Formula E untuk ajang balapan motor adalah karena sirkuit yang berada di Ancol tersebut dibuat khusus untuk roda empat. Sehingga dia menilai tidak bisa dipakai untuk balapan motor roda dua. 

"Ini ada regulasir dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi, kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut. Jadi (sirkuit) ini untuk mobil," kata Ahmad Sahroni di Bala Kota DKI Jakarta, Jumat malam, 24 Juni 2022.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya, karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," sambung pria yang dikenal sebagai crazy rich Tanjung Priok tersebut.

BACA JUGA:Menko Luhut Ungkap Alasan Beli Minyak Goreng Curah Rp14.000 Pakai PeduliLindungi

Sahroni pun mengungkapkan pasca balapan Formula E pada awal bulan Juni ini, sirkuit Formula E Ancol menuturkan, kemungkinan akan digunakan untuk ajang balap mobil yang melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI). 

Hanya saja belum dapat memastikan kapan balapan mobil itu dilakukan. 

"Yang pasti Sirkuit E Formula E itu tidak diperuntukan untuk balapan kendaraan roda dua tapi untuk roda empat," tegasnya.

BACA JUGA:Bus Rombongan Murid SDN Sayang Jatinangor, Sumedang Masuk Jurang di Rajapolah, Tasikmalaya, Tiga Orang Tewas

BACA JUGA:Ini Identitas Tiga Korban Meninggal Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Rajapolah, Salah Satunya Kondektur Bus

Sebelumnya saat membuka membuka Street Race Polda Metro Jaya di area parkir Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi pada Sabtu (18/06/2022), Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran berharap bisa digelar di Sirkuit Formula E Ancol Jakarta Utara.

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," harapnya.

Menurut Irjen Fadil, Sirkuit Formula E nantinya bisa digunakan sebagai arena kompetisi road race tidak hanya drag race yang selama ini sudah dipertandingkan dalam sesi satu hingga tiga.

BACA JUGA:Sopir Ngantuk Jadi Penyebab Bus Pariwisata Rombongan Sekolah Masuk Jurang di Rajapolah

"Ya mudah-mudahan Jakpro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi. Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race jadi ada. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai," ungkapnya.

Kategori :