Antisipasi Penyelundupan Sabu-Sabu, Jika Ada Kegiatan Mencurigakan di Pesisir, Segera Lapor ke Polisi

Jumat 18-03-2022,11:00 WIB
Reporter : Usep Saeffulloh

Radartasik.com,  TASIK — Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen mengapresiasi Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat yang telah menggagalkan penyelundupan sabu-sabu seberat 1 ton di Pangandaran

Agar tidak terjadi lagi penyelundupan sabu-sabu di pesisir pantai selatan Jawa, kata Mohamad Zen, diperlukan Sinergitas semua pihak bersama aparat keamanan. 

"Agar tidak terjadi hal serupa, peranan semua pihak dibutuhkan," kata Mohamad Zen kepada radartasik.com, Jumat (18/3/2022).

Disinggung, antisipasi penyelundupan narkoba lewat jalur laut, khususnya pesisir pantai Tasik Selatan, Mohamad Zen mengajak masyarakat membantu kepolisian, Polairud, untuk menjaga wilayah pesisir. 

"Tentunya juga dibutuhkan peran masyarkat, akan hal itu, makanya saya minta masyarkat juga ikut mengawasi, khususnya masyarkat di pesisir," ujar Mohamad Zen.

Mohamad Zen juga meminta masyarkat, segera melapor bila ada pergerakan perahu yang mencurigakan di wilayah pesisir pantai. 

"Sekecil apapun itu, yang mencurigakan segera lapor kepada pihak kepolisian, agar ditindaklanjuti," katanya.

Untuk pengawasan di pesisir Tasik Selatan, kata Mohamad Zen selain ada petugas kepolisian di Kecamatan Cikalong dan Cipatujah juga ada Polisi Air dan dibantu masyarakat. 

"Tentunya itu akan terus bersiaga mengawasi pergerakan, khususnya yang mencurigakan, tetapi juga sangat dibutuhkan peranan masyarkat, harapan saya masyarkat juga ikut mengawasi," kata dia. 

Polres Tasikmalaya Tingkatkan Pengawasan

Polres Tasikmalaya, sebelumnya, terus meningkatkan pemantauan di pesisir pantai Tasik Selatan. Mereka menugaskan personel dari Polairud di pantai selatan. 

Tujuan penugasan Polairud di Pantai Tasik Selatan untuk memonitor keluar masuknya barang ke Tasikmalaya Selatan (Tasela) menggunakan jalur laut.

Termasuk untuk mengantisipasi masuknya atau penyelundupan sabu-sabu melalui jalur laut, pihak Polres Tasikmalaya bekerja sama dengan nelayan serta warga setempat, di pesisir pantai untuk menginformasikan, jika ada kejanggalan masuknya perahu di wilayah pantai pesisir pantai.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR mengatakan berdasarkan analisis bahwa di kepulauan memang modus untuk memasukan barang itu selalu melewati pelabuhan rakyat. 

"Pelabuhan yang mungkin tidak ada aparat yang menjaga tetap. Kita antisipasi dengan cara memperbanyak jaringan informasi di sana, apakah ada barang masuk atau tidak," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR kepada wartawan, di kantor Kecamatan Singaparna Kamis (17/3/2022).

Tags :
Kategori :

Terkait