Dua CPNS Difabel Ini Sah Jadi ASN, Bertugas sebagai Guru Agama dan Tenaga Kesehatan di Puskesmas

Rabu 26-01-2022,14:20 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com,BOGOR - Dua CPNS difabel yang lolos tes telah resmi diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Keduanya bertugas sebagai tenaga kesehatan dan tenaga pendidik.

Dua ASN difabel itu ikut pengambilan sumpah/janji 291 PNS yang dipimpin Wali Kota Bogor, Bima Arya di SDN Cimahpar 3, Selasa (25/02/2022).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, Taufik menjelaskan, dalam setiap pelaksanaan penerimaan CPNS diwajibkan untuk menyediakan formasi atau mengakomodir difabel sebesar 2 persen.

Formasi khusus ini menurutnya menjadi salah satu langkah konkret wujud penyetaraan dan persamaan Hak Asasi Manusia (HAM) di Kota Bogor. Bahkan, di tahun 2022 nanti Kota Bogor mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Festival HAM.

“Keberadaan mereka selain sebagai motivasi bagi yang lain, juga tidak menutup kemungkinan akan dijadikan sebagai duta ASN Kota Bogor. Yang terpenting bagaimana masyarakat, pihak sekolah, siswa dan orang tua memberikan peluang dan kesempatan untuk mereka mengabdi,” kata Taufik usai kegiatan.

Pada tahun 2019 kata dia, ada lima orang yang mendaftar dari dua formasi, yakni pendidikan dan kesehatan. Sementara untuk tahun 2020 formasi dan penempatannya di kecamatan.

Terkait pelaksanaan tugasnya, ASN difabel yang memiliki keterbatasan hampir tidak ada perbedaan dengan ASN lainnya.

“Dari mulai ketika tes hingga latsar (prajabatan) menggunakan komputer biasa, bahkan masuk sebagai peserta dengan prestasi kategori terbaik. Karena itu kami tidak khawatir karena baik difabel maupun yang normal memiliki kemampuan yang sama sehingga dari sisi uji kompetensi makanya lolos sebagai PNS,” ungkapnya.

Tags :
Kategori :

Terkait