Jurnalis Radar Tasik Diapresiasi Kemendikbud Ristek

Sabtu 18-12-2021,10:00 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, YOGYAKARTA. Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Pelatihan dan Kursus mengadakan Apresiasi Media 2021 dengan Artikel Terbaik tentang Kursus dan Pelatihan di Hotel Rich Yogyakarta, Jumat malam (16/12/2021).

Salah satu karya jurnalistik yang terpilih, yakni dari media cetak Radar Tasikmalaya berjudul Cetak Tenaga Andal Bidang Video Editing dengan jurnalis Fatkhur Rizqi.

Penghargaan Apresiasi Media untuk karya tulis jurnalistik terbaik tersebut langsung diberikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sukarinto ST MSc PhD. Apresiasi ini sebagai upaya meningkatkan edukasi dan pemahaman tentang kursus dan pelatihan di tengah masyarakat.

”Semua ini untuk membangun engagement atau komunikasi dua arah. Oleh karenanya kita tidak bisa sendirian, perlu media untuk memperluaskan kabar baik dari program-program kursus dan pelatihan,” katanya setelah menghadiri Evaluasi Program Kursus dan Pelatihan serta Pemberian Apresiasi kepada LKP, PKBM, LSK, Organisasi Kursus dan Pelatihan, dan Media Massa Tahun 2021 di Hotel Rich Yogyakarta, Kamis (16/12/2021).

Menurut dia, media adalah the most important stakeholder which consider atau pemangku kepentingan paling penting, yang perlu dipertimbangkan untuk menyebarkan luaskan program-program dari Kemendikbud Ristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Pelatihan dan Kursus. Seperti Pendidikan Keterampilan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

“Bagi kami media dapat melakukan kritik, agar kita lebih baik lagi. Bisa juga menyemangati kegiatan program Kemendikbud Ristek, khususnya kursus dan pelatihan,” ujarnya.

Dalam Apresiasi Media 2021 yang dimulai sejak 18-28 November 2021, terjaring sebanyak 149 karya tulis terbaik dari media nasional dan daerah yang terverifikasi Dewan Pers.  Hasilnya dari penjaringan ini, kata Wikan, pihaknya memberikan Apresiasi Media 2021 kepada karya berjudul Kisah Widya, Perempuan Berdaya dari Jalur Nonformal dengan penulis Ayu Prawitasari dari Solopos.

Lalu karya berjudul Ayo Kursus Kemendikbudristek, Bekal dan Asa bagi Suswa Putus Sekolah dengan penulis Ilham Pratama Putra dari media Medcom.id Serta karya karya jurnalistik media cetak Radar Tasikmalaya berjudul Cetak Tenaga Andal Bidang Video Editing. “Ke depan kita berencana memberikan apresiasi media lebih banyak lagi kategorinya. Dengan begitu, media-media diberikan kesempatan lebih mendapatkan apresiasi,” paparnya.

Plt Direktur Pelatihan dan Kursus, Dr Wartanto menambahkan penghargaan ini sebagai upaya media yang turut serta mendukung program Kemendikbud Ristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Pelatihan dan Kursus.

“Pada prinsipnya semua karya jurnalistik yang kami jaring sangat baik. Namun tiga karya jurnalistik ini layak mendapat apresiasi,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Ir Hj Ely Suminar MP mengucapkan selamat atas keberhasilan Radar Tasikmalaya mendapatkan penghargaan Apresiasi Media 2021.

”Selamat atas kesuksesannya, semua itu berkat kerja keras sehingga mendapatkan yang terbaik. Ke depan saya berharap Radar Tasikmalaya menjadi media yang edukatif serta profesional,” tandasnya.

Ketua DPC HIPKI Kota Tasikmalaya Kepler Sianturi MA mengapresiasi Radar Tasikmalaya, sebab selama ini turut serta mengeksistensikan peran LKP di masyarakat. ”

”Kita mengapresiasi Radar Tasikmalaya yang telah hadir di tengah pendidikan non formal. Dengan begitu membantu Hipki mencetak SDM unggul lewat LKP-LKP di Kota Tasikmalaya,” katanya. (riz)
Tags :
Kategori :

Terkait