West Bandits Solo Tambah Shooter dari Pelita Jaya

Rabu 15-09-2021,01:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — West Bandits Solo membuat gebrakan mengagumkan selama off-seasons Indonesian Basketball League (IBL). Setelah mendatangkan M Dhiya'ul Haq untuk memperkuat paint area, mereka merekrut Gabriel Batistuta Rizky.

Gabriel Batistuta Rizky yang lazim disapa Gabu merupakan shooter didikan Coach Fictor Gideon Roring semasa membesut Garuda Bandung. Karena potensinya, Gabu dibawa juga ke Pelita Jaya, ketika Coach Ito pindah ke tim yang identik dengan warna oranye tersebut.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, perannya berkurang seiring persaingan shooter di Pelita Jaya. Akhirnya, Pelita Jaya melepasnya karena dianggap kurang bersaing dengan Andakara Prastawa Dhyaksa. Dan, kini Pelita Jaya punya Agassi Yeshe Goantara. 

Pada IBL Pertamax 2020, Gabu mencetak 0,6 PPG, 1,5 RPG, dan 0,5 APG. Tapi, penampilannya meningkat drastis ketika tampil di IBL Pertamax 2021. Pemain kelahiran 29 Desember 1995 tersebut bisa menyumbang rata-rata 4,7 PPG, 2,3 RPG, dan 0,4 APG.

Itu catatan statistik yang cukup bagus untuk pemain cadangan. Tetapi, West Bandits tentu melihatnya dari sisi yang berbeda. Gabu adalah pemain yang bagus. Tapi tidak di Pelita Jaya.

Kembali lagi soal persaingan pemain. Lihat ketika di IBL Pertamax 2020, atau saat ada pemain asing. Gabu hanya bermain 6 game dengan rata-rata tampil selama 7 menit. Kemampuan menembaknya tidak keluar. Karena hanya mencetak 12,5% untuk 3 PTS percentage.

Kemudian saat IBL Pertamax 2021, Gabu kembali ke posisi semula sebagai shooter. Dengan 16 pertandingan dalam satu musim, Gabu mampu mencetak 3 PTS FG sebesar 28,5%. Rinciannya, dia memasukkan 16 three point shot dari 56 attempt. Jumlah percobaan yang cukup banyak untuk pemain cadangan.

Kemampuannya tersebut memikat West Bandits untuk merekrutnya. Alasannya, West Bandits ditinggalkan Andre Adrianno, dan berusaha mencari pengganti yang punya ketajaman serupa.

Gabu diharapkan bisa tampil dengan performa terbaiknya. Gabu dan Rio Disi akan bahu-membahu untuk membantu West Bandits dari sisi luar. Gabu sendiri bertekad untuk bisa memberi kontribusi lebih banyak ketika di West Bandits.

Pelatih West Bandits Solo Raoul Miguel Hadinoto menyambut antusias kehadiran Gabu. Dia menilai mantan shooter Garuda Bandung dan Pelita Jaya Bakrie bisa menambah daya gedor West Bandits Solo.

”Tentunya kehadiran Gabu akan menjadi penting bagi West Bandits dalam mempersiapkan diri menghadapi musim baru. Jam terbangnya juga sudah cukup banyak, tinggal menyamakan visi dan misi saja dengan klub,” ujar Raoul. (ibl/lan)
Tags :
Kategori :

Terkait