100 Pasien Covid-19 Warga Kota Tasik Meninggal

Senin 28-06-2021,12:48 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com, KOTA TASIK - Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya di Juni 2021 ini tiap hari terjadi kasus kematian pasien terkonfirmasi positif. 

Tim pemakaman Covid-19 Kota Tasik pun telah memakamkan 100 pasien Covid, yang meninggal dunia sejak awal Juni 2021 hingga hari ini, Senin (28/06/21) siang.

"Kalau angka bulan ini memang luar biasa ya tingkat kematiannya. Karena lonjakan kasusnya pun cukup tinggi," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasik, Uus Supangat kepada radartasik.com.

"Pandemi bulan Ini di kita seperti kembali saat awal pandemi tahun lalu. Bahkan Desember tahun lalu pun kita tak seperti ini. Nah ini lonjakannya luar biasa," sambungnya.

Terang Uus, untuk Juni ini tim pemakaman memang sudah memakamkan 100 jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Memang jumlah meninggal dunia ini memang tinggi ya. Untuk Kota Tasik saja 222 pasien positif sejak awal pandemi yang meninggal dunia," terangnya.

Maka, beber Uus, jika dipersentasikan untuk angka kematian karena Covid di Juni mencapai 3 persen setelah bulan lalu bertahan di 2 persen.

"Sekarang mendekati 3 persen. Bahkan kalau sampai hari ini sudah 3 persen. Nah ini kebanyakan dari usia lansia dan pra lansia yang memang punya komorbid," bebernya.

Uus menambahkan, langkah antisipasinya dan menjadi kunci utama agar tak terjadi kematian karena Covid maka penyebarannya kasusnya harus diputus. Karena paling banyak kasus penyebaran itu terpapar dari keluarga.

"Ini yang harus kita hati-hati bagi masyarakat semua jangan abai protokol kesehatan (prokes). Siapapun juga kalau keluar rumah lalu pulang ke rumah diupayakan kalau yang pakai motor pake jaket, jaketnya buka di luar," tambahnya.

Kemudian, jelas Uus, helm buka di luar, topi buka di luar dan lain sebagainya. 

"Nah setelah itu jangan berinteraksi dengan keluarga. Tapi lakukan bersih diri dulu di luar. Setelah itu baru silakan interaksi dengan keluarga. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait