Kepedulian Yanto Oce Jadi Inspirasi

Kepedulian Yanto Oce Jadi Inspirasi

RADARTASIK.COM, TASIK - Gaya dan penampilannya sederhana. Cenderung apa adaA­nya, namun kepedulian sosialnya keA­pada sesama begitu tinggi. Hal itu, tak lepas dari amanah orangA­tuanya, agar selalu menjadi orang bermanfaat bagi masyarakat.

Ya, ia adalah H Yanto Oce, lelaki kelahiran Cibeureum, Kota Tasikmalaya itu memang memiliki magnet besar di Kota Resik. Sebab, atas kedermawanannya itu banyak pihak sukarela menjadi relawan, terdorong dari kiprah Yanto Oce sendiri yang selalu hadir di tengah masyarakat.

Diketahui, kiprah Yanto Oce dalam urusan kepedulian dan kepekaan sosial sudah dilakoni sejak lama. Bahkan, di saat pandemi Covid-19 melanda, ia menunjukkan diri sebagai figur filantropis yang menjadi pembeda di mata publik.
           
Perwakilan koordinator relawan H Yanto Oce secara inisiatif menggelar kegiatan halal bihalal di GOR H Oce Jalan Letkol Basir Surya Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

Dengan membantu baik moril maupun materi terhadap masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah. Sebagai bentuk kecintaan terhadap kota kelahirannya yang berjuluk Kota Santri.

Kiprah H Yanto Oce dalam membantu sesama mendapat apresiasi dan atensi dari publik di Kota Tasikmalaya. Bahkan mereka pun secara sukarela menjadi relawan. Tujuannya, agar aksi sosial yang selama ini dilakukan lebih terkoordinir dan tepat sasaran. Relawan dan simpatisan terus berdatangan mendukung pria berkacamata itu.

Untuk itu, bertempat di GOR H Oce Jalan Letkol Basir Surya Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. Para perwakilan koordinator relawan menggelar silaturahmi dan halal bihalal.

Panitia Halal Bihalal Relawan Yanto Oce, Wahyu Sunarto mengatakan pada kegiatan itu, Yanto merupakan tamu undangan. Relawan menginisiasi untuk bersilaturahmi dengan sekitar 16 komunitas perwakilan koordinator relawan lain yang aktif di bidang masing-masing.

“Jadi, silaturahmi halal bihalal ini diinisiasi oleh para relawan, kami selama sekitar satu tahun sering diskusi di sekretariat, berkeinginan menyatukan emosional dan spirit perjuangan bersama relawan lain,” kata Wahyu.
                                 

Ia yang juga Ketua Alumni SMA 3 Tasikmalaya Rojong Yanto Aprianto (ARYA 91), mengakui rekan satu sekolahnya itu sangat diterima di berbagai elemen masyarakat. Maka, untuk menyatukan kekuatan dan kebersamaan, komunitas-komunitas itu melakukan fakta integritas dan berkomitmen untuk kompak dan solid mendukung Yanto Oce.

“Pada kesempatan itu tidak hanya silaturahmi dan saling mendekatkan diri antar relawan, tapi kita juga membuat kesepakatan untuk terus solid menyosialisasikan Yanto Oce dan gerilya membantu masyarakat lewat program relawan masing-masing,” harapnya.

Wahyu berharap apapun yang dicita-citakan Yanto Oce, akan menjadi langkah bersama para relawan untuk disukseskan. Melihat figurnya yang peduli terhadap kondisi daerah kelahirannya, melalui berbagai bantuan yang didistribusikan atau dikerjakan relawan sudah begitu menggema di Kota Tasikmalaya.

”Selama ini, terutama kondisi pandemi Covid-19, kami relawan sudah terjun ke berbagai lini, membantu masyarakat lewat support H Yanto Oce,” ungkap Wahyu.

Dia menjelaskan sejumlah perwakilan relawan yang hadir, mulai BKYO (Balad Kang Yanto Oce), Ikhwan Kang Yanto Oce (IKYO), Sahabat Baik Yanto (SBY), Dulur Salembur, KJB, ARYA, BSC, Baraya Martadinata, Bomber, Solmet, Fabyo (Fans Berat Yanto Oce), Perwakilan Perkumpulan Guru Madrasah, TopKita (Yanto Paporit Kita), Relawan 77, Baraya 88, Team Asik, Relawan Angkasa, Rumah KYO 1 Hati, Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK), Warna Pekat KYOTO, Relawan Militan Disinfektan dan Fogging, Jaya Raksa (Jaringan Yanto Gerak Bersama), Bakor KYo dan Relawan Berkah Kepedulian (RBK) KYO.

           
Perwakilan koordinator relawan H Yanto Oce secara inisiatif menggelar kegiatan halal bihalal di GOR H Oce Jalan Letkol Basir Surya Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya.

Kegiatan itu juga dihadiri Ibunda dan kakak Yanto Oce, Hj Erawati dan H Nana, Ketua AKLI H Dadi, Plt Ketua dan Bendahara DPC PPP Kota Tasikmalaya, Zenzen Jaenudin dan Asep Wahid termasuk Kader PPP Hilman Wiranata serta para Ketua PAC DPC PPP Kota Tasikmalaya.

Ketua DPD PGM Kota Tasikmalaya, Asep Rizal Alasyarie yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan Yanto Oce merupakan figur inspiratif. Wajar semangat dan gerilya relawan sangat antusias untuk bergerak ke masyarakat. Kiprahnya sudah dirasakan baik di masa normal apalagi masa sulit selama Pandemi Covid-19.

“Bagi saya pribadi, kiprahnya sangat terasa. Jadi tidak jadi nyalon, ia sudah menjadi inspiratif dengan kepeduliannya pada kampung halaman yang begitu luar biasa,” ungkap Asep.

Ia mengulas di masa krisis Covid-19 tahun lalu, Yanto Oce begitu perhatian terhadap para guru madrasah. Meski mendapat bantuan dari pemerintah, kata Asep, Yanto Oce prihatin terhadap para pendidik pondasi keagamaan generasi yang begitu serius terdampak pandemi.

“Itu salah satu kebaikan Kang Yanto yang kami rasakan di madrasah. Harapan saya, relawan yang selama ini militan bisa terus konsisten berbuat ke masyarakat, seperti Kang Yanto Oce yang terus berbagi inspirasi lewat kepedulian yang ia gulirkan,” harapnya. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: