Penipu Mobil rental di 3 Daerah Berhasil Diringkus Polres Banjar

Penipu Mobil rental di 3 Daerah Berhasil Diringkus Polres Banjar

radartasik.com, BANJAR - Pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan roda empat, berinisial Rik alias Arab warga Kelurahan Banjar, berhasil diamankan petugas Polres Banjar.

Diketahui pelaku melakukan aksinya di 8 titik yang berbeda. Yakni 4 di wilayah Kota Banjar, 1 di Kabupaten Ciamis dan 3 di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. 

Kapolres Banjar, AKBP Melda Yanny SIK MH mengatakan pelaku diamankan 5 Juni di wilayah Kuningan, saat hendak melakukan transaksi seorang diri.

"Saat itu juga pelaku langsung diamankan oleh satuan Satreskrim Polres Banjar untuk dimintai keterangan," kepada wartawan saat konferensi pers, Jumat (11/06/21) di Mapolres Banjar.

Dia menjelaskan, modus pelaku merental kendaraan roda empat di sebuah tempat  penyewaan mobil. Setelah itu oleh pelaku kendaraan tersebut lalu digadaikan ke orang lain. 

Dari hasil gadai itu, pelaku menyewa kendaraan lain. Lalu kembali menggadaikan lagi kendaraan tersebut ke orang lain lagi. 

"Pelaku melakukan hal itu untuk mencari keuntungan dari hasil gadai. Karena pelaku terlilit hutang dan tidak bisa membayar," jelasnya. 

Lanjut dia, pihaknya pun berhasil mengamankan dua unit mobil beserta kunci dan surat-surat kendaraan. Satu mini bus jenis Toyota Avanza dan satu lagi Mitsubishi colt sebagai barang bukti. 

Pihaknya mendapatkan dua laporan berbeda dari warga. Namun ada juga yang tidak melapor.

Kasat Reskrim Polres Banjar Iptu Muhammad Zulkarnaen SIK menambahkan pelaku sudah melakukan aksinya selama 4 bulan.

"Melakukan aksi tersebut untuk mencari keuntungan. Mobil avanza digadaikan senilai Rp20 juta dan Colt Rp12 juta. tersangka sempat mau ke Pangandaran namun tidak jadi," jelasnya. 

Lanjut dia, untuk kendaraan Avanza diamankan oleh Polsek Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Namun akhirnya bisa dijadikan sebagai barang bukti hasil kejahatan pelaku. 

Pelaku dijerat pasal 378 dan atau pasal 372 jo KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: