Dinkes Kota Tasik Permudah Cari Rumah Sakit yang Kamarnya Kosong, Ini Aplikasinya..

Dinkes Kota Tasik Permudah Cari Rumah Sakit yang Kamarnya Kosong, Ini Aplikasinya..

radartasik.com, KOTA TASIK - Masih ada raport merah yang disandang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, dalam hal kematian ibu melahirkan, membuat layanan kesehatan yang didapat masyarakat harus lebih dipercepat.

Maka, pihak Dinkes pun menghadirkan akses layanan informasi yang akan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kota Tasik, Titie Purwaningsari mengatakan, masih banyaknya angka merah mengenai capaian Dinkes saat ini adalah minimnya akses informasi yang diakses masyarakat.

"Maka kami melakukan inovasi dengan menghadirkan aplikasi pelayanan kesehatan, SEHATI_SimpeL. Yaitu Sistem Informasi Layanan Kesehatan di Kota Tasik," ujarnya kepada radartasik.com, Kamis (09/06/21) siang.

"Dengan taglinenya Sehat dalam Genggaman Anda. Maksudnya kita membuat suatu inovasi website beroirentasi layanan lokal," sambungnya.

Terang dia, karena hampir 90 persen masyarakat Kota Tasik memiliki hape android atau iphone, maka ketika layanan ini resmi hadir bisa menginstal gratis aplikasi tersebut.

"Di dalam aplikasi itu ada berbagai macam layanan informasi kesehatan. Seperti butuh golongan darah apa, butuh ambulans rujukan, butuh dokter klinik kemana, puskesmas, rumah sakit dan lain sebagainya," terangnya.

Sehingga, beber dia, dalam apliaksi satu genggaman ini masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Dinkes sesuai dengan apa yang diinginkannya.

"Di aplikasi ini juga mempermudah ibu hamil yang akan melahirkan dengan cepat mendapatkan informasi ketika mencari mana rumah sakit yang masih kosong, kamarnya yang masih kosong dan lain sebagainya," bebernya.

Jadi, tambah dia, tak perlu menelepon kemana-mana atau mengumpulkan kerabatnya untuk mencari rumah sakitnya, tapi tinggal buka aplikasi tersebut di hapenya.

"Besar harapan kami di Dinkes terutama di Bidang Pelayanan ini dapat terealisasi untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat dan bisa menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan balita," tambahnya.

Dirinya optimis karena masyarakat Kota Tasik sudah melek teknologi tentang hape. Menggunakan hape itu sudah seperti menggunakan tangan kiri dan kanan. 

"Alhamdulillah website ini mendapatkan dukungan dari Pak Kadinkes (Uus Supangat) dan apresiasi dari Plt Wali Kota Tasik (H Muhammad Yusuf)," tukasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: