TPA Sampah di Ciangir Kota Tasik Akan Diperluas

TPA Sampah di Ciangir Kota Tasik Akan Diperluas

radartasik.com, TAMANSARI - Tak henti-henti produksi sampah tiap harinya, membuat Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Ciangir, Tamansari, Kota Tasik, overload.

Maka, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan melakukan perluasan lahan. 

"Perluasan sampah di Ciangir memang akan kita lakukan. Penanganan sampah di Kota Tasik memang petugasnya juga masih kurang," ujar Sekda Kota Tasik Ivan Dicksan kepada radartasik.com, Senin (07/06/21) pagi.

"Maka kita siasati dengan mengoptimalkan pengangkutan sampah dengan kendaraan-kendaraan kecil di TPSS," sambungnya.

Lalu, terang dia, dari TPSS itu diangkut. Ketika prosed ini berjalan diharapkan dia jangan sampai ada yang membuang sampah di lahan kosong. 

"Jika memungkinkan paling nanti kita siapkan 1 atau 2 bata dari dana kelurahan untuk membebaskan lahan pembuangan sampah sementara," terangnya.

Nanti, tambah Ivan, masyarakat bisa menggunakannya dan kedepan bisa di tempatkan kontainer sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Kalau dari sekarang di tempatkan mungkin LH juga bingung mau menempatkan di lahan mana karena tempatnya belum ada," tambahnya.

Maka, jelas Ivan, program ini nanti selaras dengan TPAS Ciangir. Sebab, di Ciangir tahun depan akan dibebaskan lagi lahannya sesuai usulan dari DLH sekitar 4-5 hektare.

"Tapi prinsipnya sudah kita masukan ke RKP agar bisa realisasi tahun depan, ya nanti kita lihat harga tanah berapa dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran kita," jelasnya.

Jika nilai rupiahnya, tukas Ivan, masih dihitung tapi program kegiatan perluasan pembebasan lahan Ciangir sudah masuk untuk 2022.

"Kemarin kebutuhan DLH ya 5 hektare tapi prediksinya seperti apa kemampuan kita masih proses penghitungan. Termasuk kita minta bantuan juga untuk penambahan armada ke Pemprov Jabar dengan menghitung juga biaya operasionalnya," tukasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: