Nama Jalan di Perkotaan Garut Pakai Nama-Nama Bupati

Nama Jalan di Perkotaan Garut Pakai Nama-Nama Bupati

RADARTASIK.COM, GARUT KOTA — Pemerintah Kabupaten Garut akan mengganti beberapa nama jalan di wilayah perkotaan Garut dengan nama-nama pahlawan dan bupati Kabupaten Garut. Penggunaan nama pahlawan dan bupati sebagai nama jalan sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang berjuang memerdekakan tanah air.


“Ada lima nama bupati yang nanti akan dijadikan nama jalan. Yang pasti bupati Garut pertama R.A Adiwijaya,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/6/2021).

Selain nama bupati, pihaknya juga akan menggunakan nama proklamator RI atau Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama yakni Soekarno-Hatta. Selain itu, nama-nama pahlawan asal Kabupaten Garut seperti Raden Bani Nuryayi dan KH Yusuf Tauziri. “Kita akan inventarisasi dahulu nama-nama pahlawan yang nanti akan dijadikan nama jalan,” ujarnya.

Rudy mencontohkan, untuk nama proklamator akan digunakan di ruas jalan dari Kadungora sampai ke Profesor Anwar Musaddad. Jalan itu nantinya akan dinamakan By Pass Soekarno Hatta.

“Kita gunakan nama ini karena di Garut tidak ada nama Soekarno Hatta. Sementara nama ini merupakan nama kehormatan,” katanya.

Selain itu, nama pahlawan nasional yaitu Raden Ibrahim Adjie sebagai nama jalan di daerah Lingkar Cipanas. “Kita gunakan nama ini karena pada zaman Pak Karno adalah pahlawan yang menumpas DI TII dan sebagainya,” ujarnya.

Menurut dia, untuk menggunakan nama-nama pahlawan dan bupati menjadi nama jalan pihaknya akan mengundang beberapa orang untuk melakukan kajian. “Kami akan mengundang tim pengkaji seperti Pak Ubud, Pak Deddy dan lain untuk mengkaji nama-nama jalan,” ujarnya.

Bupati rencananya akan mengadakan rapat sebelum 17 Agustus terkait pemberian nama di sepanjang jalan di Kabupaten Garut. “Kami mau berkonsultasi dengan pimpinan DPRD dan kami akan memberi nama jalan-jalan yang ada sekarang,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: