Tagana Latihan Penyelamatan Juga Sosialisasi Pemahaman Gempa Megathrust

Tagana Latihan Penyelamatan Juga Sosialisasi Pemahaman Gempa Megathrust

KLIKCIAMIS, CIAMIS — Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama elemen masyarakat Kabupaten Ciamis terus melakukan persiapan mengantisipasi terjadinya gempa megathrust.

Nah, hari Minggu (30/5/2021), Tagana menggelar latihan bersama Kesiapsigaan Angkatan Muda Muhammadiyah dan Muhammadiyah Disaster Manajemen Center di Bendungan Ciseel Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, usai rapat bersama Kemensos RI terkait megatrust, pihaknya langsung melakukan persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, semuanya bisa meningkatkan kewaspadaan, karena bencana itu bisa terjadi setiap saat.

”Kami terus meningkatkan kewaspadaan serta mengumpulkan alat-alat dan peningkatan latihan-lahitan penyelamatan. Termasuk dengan masyarakat dan kalangan pelajar atau Sahabat Tagana juga, karena kita perlu SDM yang mumpuni dalam menghadapi gempa megatrust,” ucapnya.

Menurut dia, sejauh ini gempa megathrust dipahami masyarakat sebagai sesuatu yang baru dan akan segera terjadi dalam waktu dekat, berkekuatan sangat besar dan menimbulkan kerusakan serta tsunami dahsyat.

”Pemahaman seperti ini tentu saja kurang tepat. Zona megathrust sebenarnya sekadar istilah untuk menyebutkan sumber gempa tumbukkan lempeng di kedalaman dangkal,” terang dia.

”Dalam hal ini, lempeng samudera yang mehunjam ke bawah lempeng benua membentuk medan tegangan (stress) pada bidang kontak antar lempeng yang kemudian dapat bergeser secara tiba-tiba memicu gempa,” ujar dia.

”Jika terjadi gempa, maka bagian lempeng benua yang berada di atas lempeng samudra bergerak terdorong naik (thrusting),” kata dia.

Lanjut dia, seluruh aktivitas gempa yang bersumber di zona megathrust disebut sebagai gempa megathrust dan tidak selalu berkekuatan besar.

Sebagai sumber gempa, zona megathrust dapat membangkitkan gempa berbagai magnitudo dan kedalaman.

”Data hasil monitoring BMKG menunjukkan, justru gempa kecil yang lebih banyak terjadi di zona megathrust, meskipun zona megathrust dapat memicu gempa besar,” ucapnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: