Final Liga Champions: Simak Fakta Menarik Manchester City vs Chelsea

Final Liga Champions: Simak Fakta Menarik Manchester City vs Chelsea

RADARTASIK.COM, FINAL Liga Champions 2020/2021 akan mempertemukan Manchester City dengan Chelsea. Duel duo Inggris itu akan tersaji di Estadio do Dragao, Porto, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.

Siapa yang akan mengangkat trofi Si Kuping Besar musim ini? Ada baiknya, sebelum menyaksikan serunya laga final Liga Champions sesama tim Inggris ini, Anda menyimak fakta-fakta menarik ini.

1 - Estadio do Dragao di Porto akan menjadi tuan rumah final Liga Champions edisi ke-66 setelah pertandingan dipindahkan dari Istanbul.

2 - Manchester City akan menjadi klub ke-23 yang dinobatkan sebagai juara Eropa jika mengalahkan Chelsea.

3 - Ini untuk ketiga kalinya terjadi final sesama tim Inggris. Sebelumnya, Manchester United mengalahkan Chelsea lewat adu penalti di final 2008 dan Liverpool menang 2-0 atas Tottenham Hotspur pada final 2019.

4 - Sepuluh pertemuan terakhir kedua tim: Man City menang 5 kali, Chelsea menang 4 kali. Satu laga berakhir imbang 0-0 dalam 90 menit pada final Piala Liga Inggris 2019, di mana City keluar sebagai juara berkat kemenangan adu penalti.

5 - Man City mencatat 11 kemenangan dari 12 pertandingan Liga Champions musim ini —enam di antaranya City mencetak gol sebelum menit ke-20.

6 - Jika mengalahkan Chelsea, Man City akan menyamai rekor Real Madrid 2001/02 dengan 12 kemenangan dalam satu musim Liga Champions.

7 - Chelsea mampu mengalahkan Man City dalam dua bentrok terakhir. Yaitu 1-0 di semifinal Piala FA dan 2-1 di Etihad pada laga pekan ke-35 Liga Inggris yang sudah tidak menentukan bagi City karena sudah menyegel gelar juara Premier League musim ini.

8 - Man City memenangkan tujuh dari enam pertandingan Liga Champions terakhir mereka, termasuk tiga kali bangkit setelah tertinggal lebih dulu.

9 - Dua final Liga Champions Chelsea sebelumnya berakhir adu penalti (W1, L1), dan mengingat rekor keseluruhan mereka dalam adu penalti di kompetisi Eropa (W2, L4) dibandingkan dengan City (W2), juara UCL 2012 ini pasti berusaha menghindari adu tos-tosan.

10 - Chelsea tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol di setiap pertandingan Liga Champions musim ini. Total The Blues baru kebobolan 4 gol sejauh ini. Dua di penyisihan grup dan dua lainnya terjadi di babak sistem gugur.

11 - Chelsea selalu unggul di babak pertama dalam tujuh dari delapan kemenangan Liga Champions mereka musim ini. Tapi dalam lima pertandingan kompetitif terakhir, The Blues selalu gagal mencetak gol di babak pertama (W2, K3)

12 - Satu-satunya pemain Man City yang sebelumnya pernah tampil di final Liga Champions adalah Ilkay Gundogan.

13 - Timo Werner mungkin telah mencetak gol pembuka dalam pertandingan terakhir Chelsea di Liga Champions, tetapi penyerang asal Jerman ini lebih sering memiliki gol yang dianulir (15) musim ini daripada yang dia cetak (12).

14 - Tim yang mencetak gol lebih dulu selalu keluar sebagai juara dalam enam final Liga Champions berturut-turut, dan dalam 12 dari 14 pertandingan final sebelumnya.

15 - Satu-satunya tim yang menodai rekor City dan Chelsea di Liga Champions musim ini adalah Porto, klub yang bermarkas di Estadio do Dragao, tempat pertandingan final.

16 - Porto mengalahkan Chelsea di leg kedua perempat final. Sementara Man City hanya mampu bermain imbang 0-0 (penyisihan grup) di kandang klub Portugal itu. (fat/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: