Kebakaran, Kawasan Cihideung Sempat Gelap Gulita

Kebakaran, Kawasan Cihideung Sempat Gelap Gulita

KOTA TASIK - Akibat gardu listrik kebakaran, tengah malam tadi (25/05/21) sebagian jalur HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, sempat gelap gulita tanpa penerangan.

Kapolsek Cihideung, Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Zenal Muttaqin membenarkan adanya kejadian itu. 

Kata dia, tadi malam sekira pukul 23.30 WIB terjadi kebakaran gardu listrik di Jalan Cihideung Balong, Nagarawangi, Cihideung.

"Jadi 1 unit Gardu C tipe indoor meledak dan mengalami kebakaran," ujar Kapolsek kepada wartawan, Rabu (26/05/21) siang.

"Berdasarkan keterangan saksi di lapangan penyebab kebakaran diduga penghubung 20KV mengalami loss kontak hingga menimbulkan ledakan dan kebakaran," sambungnya.

Kronologinya, terang dia, saat itu saksi Tedi Heryanto warga sekitar lokasi gardu sedang istirahat di rumahnya. Namun tiba-tiba mendengar bunyi ledakan dari arah seberang rumahnya.

"Dia langsung keluar rumah dan ada saksi lain yang juga mencari tahu sumber ledakan dari mana. Akhirnya mereka melihat adanya kepulan asap keluar dari sela-sela ventilasi bangunan tembok tertutup yang di dalamnya terdapat gardu listrik," terangnya.

Mengetahui hal tersebut, tambah dia, para saksi langsung mengubungi pihak PT. PLN (Persero) Kota Tasikmalaya dan selang waktu sekira 10 menit petugas PLN tiba di lokasi.

"Kemudian mereka membuka pintu ruangan gardu lalu memadamkan api di dalam bangunan tersebut menggunakan Apar. Ridak lama api berhasil dipadamkan," tambahnya.

Jelas dia, menurut pihak PLN penyebabnya kebakaran diduga dari penghubung 20 KV yang mengalami loss kontak sehingga menimbulkan ledakan dan kebakaran ringan.

"Selanjutnya petugas berupaya untuk melakukan proses pemulihan penyalaan listrik dengan cara mengoper alih beban atau manuver listrik dari pasokan listrik lain. Akibat dari meledaknya gardu listrik tersebut sebagian wilayah perkotaan Gunung-Pereng sampai Jalan RSU mengalami listrik padam," jelasnya. 

(rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: