Pemburu THR Mulai Datangi Pedagang, Mereka Bergerombol dan Membawa Map

Pemburu THR Mulai Datangi Pedagang, Mereka Bergerombol dan Membawa Map

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Jelang Idul Fitri, kebiasaan masyarakat pada umumnya meminta tunjangan hari raya (THR) kepada toko, pedagang atau warung langganannya menjadi fenomena yang unik setiap tahunnya, Selasa (26/4/2022). 

Seperti yang sedang marak terjadi di beberapa kota besar saat ini, tentang menjamurnya permintaan THR dengan sasaran para pedagang dan para pemilik toko. Fenomena ini juga terjadi di Pasar Singaparna.

Ketua Persatuan Pedagang Toko Mas Pasar Singaparna (Permasi) H Asep menuturkan, permintaan THR jelang lebaran sudah menjadi fenomena yang biasa terjadi, sehingga tidak terlalu dipermasalahkan. “Setiap tahun masyarakat atau pelanggan yang biasa sehari-hari membeli ke pedagang, toko atau toko emas di kompleks Pasar Singaparna sudah meminta THR bisa berbentuk kalender atau hadiah bingkisan atau produk bonus pedagang yang dijual,” ujar dia.

BACA JUGA:Pemudik Mulai Berdatangan Lintasi Jalur Gentong Tasik

“Iya para pedagang termasuk toko mas biasanya memberikan THR. Jumlahnya tidak ditentukan, berapa saja kita ngasih, pasti dia terima,” ungkap Asep kepada wartawan.

Sebagai ketua persatuan pedagang emas di Pasar Singaparna, Asep mengaku sama sekali tidak merekomendasikan para peminta THR untuk mendatangi toko emas atau pedagang lainnya. “Jadi terserah mereka pemilik toko saja, mau ngasih silakan, enggak juga tidak jadi masalah, karena itu kan sifatnya sukarela,” tambah dia. 

Dia pun menyebutkan, kebanya­kan yang meminta THR adalah orang-orang yang biasanya membawa map kemudian dikasih­kan kepada pemilik toko. “Sama pemilik toko suka langsung saja dikasih alakadarnya, tapi kami yakin mereka bukan dari sebuah organisasi masyarakat,” ujar dia, menjelaskan.

BACA JUGA:DPRD Ikut Dorong Pemkab Tasikmalaya untuk Gali Potensi PAD Lebih Maksimal

“Biasanya dari mulai tanggal 25 puasa suka mulai terlihat ada beberapa orang anak muda yang mendatangi toko-toko,” kata dia, menambahkan. 

Salah satu pedagang Romi (39) mengungkapkan, biasanya akhir-akhir Ramadan banyak orang yang meminta THR. “Iya biasanya membawa map dan mendatangi toko-toko, termasuk toko toko mas yang ada di Pasar Singaparna,” ujarnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: