Terungkap, Alasan Polisi Tidak Tembak Perampok di Tol Pasirkoja

Terungkap, Alasan Polisi Tidak Tembak Perampok di Tol Pasirkoja

Radartasik, BANDUNG – Video aksi petugas Polda Jabar menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan alias perampok di Gerbang Tol (GT) Pasir Koja Kota BANDUNG viral di media sosial.

Dalam video tersebut, beberapa petugas kepolisian yang mengenakan pakaian preman berupaya menghentikan para perampok yang berusaha kabur menggunakan mobil Honda Jazz.

Saat penangkapan, para polisi mengeluarkan senjata api. Bahkan, beberapa kali menembakkak ke udara sebagai peringatan keras kepada para perampok.

Sebagian masyarakat bertanya-tanya mengapa aparat kepolisian tidak langsung menembak para penjahat tersebut?

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menyampaikan alasan polisi tidak menembakan langsung senjata api kepada pelaku.

Menurut dia, untuk urusan penggunaan senjata api, disesuaikan dengan diskresi kepolisian.

”Pertimbangan personel dengan melihat situasi yang ada. Tetapi untuk antisipasi petugas, memang sangat diperlukan (senjata api) untuk pengamanan agar tidak terjadi risiko kepada petugas,” kata Ibrahim dikonfirmasi, Selasa (26/4/2022).

Dalam video terlihat polisi memiliki banyak kesempatan untuk menembak para pelaku dari jarak dekat. Terlebih, pelaku memberikan perlawanan dengan mencoba kabur.

Namun,  polisi memilih tidak menembak langsung pelaku. ”Kami selalu berusaha untuk menjaga keselamatan orang, pasti diupayakan sebisa mungkin ditangkap tanpa ada risiko,” ujarnya.

Ibrahim menambahkan, tindakan yang dilakukan petugas sudah benar. Pasalnya, polisi mengedepankan rasa kemanusiaan dalam setiap penanganan kasus kejahatan.

”Pertimbangan petugas sangat bagus sebenarnya, jadi walaupun penjahat kan tetap menggunakan rasa kemanusiaan, penggunaan senjata api itu tergantung kondisinya. Kalau dianggap rawan bisa ditembak langsung kepada orangnya,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah video viral yang merekam detik-detik penangkapan pelaku tindak kejahatan secara dramatis.

Aksi penangkapan berlangsung dramatis karena pelaku yang berusaha kabur dan polisi yang terus mengejarnya.

Dalam video itu, terlihat beberapa orang polisi tampak mengerubungi mobil berwarna silver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: