DKM Syulatul Ciawi Tasik Konsisten Gelar Donor Darah

DKM Syulatul Ciawi Tasik Konsisten Gelar Donor Darah

CIAWI - Kelompok Donor Darah (KDD) IKHLAS Dewan Kemakmuran Masjid Besar (DKMB) Syulatul Iman Kecamatan Ciawi menggelar donor darah, Rabu (19/5/2021). Kegiatan ini untuk memberi manfaat dan membantu pasien yang sedang membutuhkan darah.


“Ini kegiatan yang kelima kalinya, digelarnya donor darah tersebut merupakan wujud kepedulian DKMB Syulatul Iman Kecamatan Ciawi untuk kemanusiaan membantu warga lainnya yang membutuhkan darah,” ujar Ketua KDD IKHLAS DKMB Syulatul Iman Sobar Rusnandar kepada Radar, kemarin.

Sobar mengungkapkan, peserta donor darah tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 70 orang. Beberapa warga yang terlambat untuk mendonorkan darahnya, terpaksa harus dipindahkan jadwalnya menunggu bulan Juli 2021 mendatang untuk mendonorkan darahnya.

Menurutnya, PMI Cabang Tasikmalaya masih sering kekurangan stok darah untuk keperluan pasien yang memerlukan darah di rumah sakit. Dengan demikian melalui kegiatan ini sedikitnya dapat membantu mereka yang membutuhkan, pasalnya setetes darah yang didonorkan sangat berharga bagi mereka.

“Kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darahnya harus semakin ditingkatkan. Semoga bisa bermanfaat bagi mereka di masa pandemi Covid-19 ini yang belum juga reda. Sedikitnya menambah stok darah yang ada di PMI,” kata dia.

Ia meminta agar warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi, karena tentunya dalam melaksanakan donor darah pihak PMI sudah menerapkan standar keamanan yang tinggi untuk mencegah terjadi penularan Covid-19 terhadap pendonor maupun yang lainnya.

Kemudian peralatan yang digunakannya pun tentunya sudah pasti higienis dari berbagai virus, kuman maupun bakteri. Pasalnya, donor darah tidak akan dilakukan jika tidak memenuhi standar protokol kesehatan ketat.

Sebelum donor darah, pendonor diperiksa lebih dulu suhu tubuhnya untuk memastikan tidak dalam keadaan sakit atau terindikasi terinfeksi Covid-19. “Alhamdulillah kegiatan lancar, semoga bulan Juli nanti bisa lebih bnayk lagi masyarakat yang mau mendonorkan darahnya,” ucap dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: