Warga Kota Tasik yang Terlintas Tol Cigatas Mulai Urus Surat Kepemilikan Tanah

Warga Kota Tasik yang Terlintas Tol Cigatas Mulai Urus Surat Kepemilikan Tanah

KOTA TASIK - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, memberikan sedikit bocoran soal progres pembangunan Tol Cileunyi, Garut, Tasikmalaya (Cigatas).

Kata Uu yang ditemui di Hotel Amaris, Jalan HZ Mustofa, progres Tol Cigatas saat ini terus berjalan dan luar biasa pembangunannya.

"Saat ini masyarakat yang terlewati tol sudah sibuk dengan mengurus-ngurus surat kepemilikan tanah, karena memang sudah ada progres luar biasa," katanya kepada radartasik.com.

"Insya Allah ini tak lama kemudian dan menurut informasi serta mudah-mudahan tak terganggu refocusing yang kedua ini. Sudah ada kabarnya tak akan ada perubahan APBN," sambungnya.

Artinya, terang dia, APBD provinsi juga tak dapat tambahan. "Tapi ya mudah-mudahan itu hanya isu saja. Kalau penloknya kapan ya itu bukan ranah saya," terangnya.

Sekadar diketahui, rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Tol Cileunyi, Garut, Tasik dengan trase tol Kota Tasikmalaya, akan segera terwujud beberapa waktu kedepan.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf mengatakan,  belum lama ini Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Tol Cigatas sudah menemui pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik.

"PPTK tol sudah datang ke kita beberapa waktu lalu dan menemui Pak Sekda (Ivan Dicksan, Red). Tahun ini pokoknya sudah mulai pembebasan lahan," paparnya kepada radartasik.com, Rabu (21/04/21) sore.

Bahkan informasi yang pihaknya terima, pada tahun 2022 mendatang sudah mulai pekerjaan pembangunan jalan tolnya sampai dengan tahun 2023. 

"Tahun 2024 nanti sudah mulai runing atau digunakan jalan tol Cigatas itu, itu menurut PPTK yang sampai kepada kita," katanya.

Tambah dia, warga Kota Tasikmalaya  sampai 3 tahun lagi bisa menikmati jalan tol Cigatas itu. 

Bahkan nantinya dari Kota Tasik bisa hanya dengan menempuh waktu satu jam ke Bandung.

 "Nantinya akan lebih memudahkan transportasi dan juga meningkatkan ekonomi," tambahnya.

Yusuf meyakini Ekonomi, akan lebih meningkat karena tares-trease tol sendiri akan mengundang para investor nantinya. 

"Termasuk pada exit tol di Kota Tasik akan dibangun kawasan industri, mudah-mudahan bisa terwujud. Karena memang sudah banyak investor yang ingin berinvestasi di kita," harapnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: