Pemkot Tasik Izinkan Salat Ied di Masjid Agung, Tapi Khusus Warga Sekitar

Pemkot Tasik Izinkan Salat Ied di Masjid Agung, Tapi Khusus Warga Sekitar

KOTA TASIK - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akhirnya mengizinkan Masjid Agung untuk dipergunakan salat Idul Fitri.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kominfo (Kadiskominfo) Kota Tasik, Asep MP. Namun, hasil rapat itu dalam pelaksanaan salat Idul Fitri tingkat kota tak akan digelar.

Serta, kata dia, yang diizinkan mengikuti salat Idul Fitri di Masjid Agung hanya untuk masyarakat umum, supaya tidak menimbulkan kerumunan. 

"Maka dimungkinkan untuk penyelenggaraan salat Ied di masjid-masjid besar dengan  menerapkan protokol kesehatan, salahsatunya di Masjid Agung," sambungnya.

Asep menerangkan, masyarakat pun tentunya bisa menggelar salat Ied di masjid-masjid besar asalkan harus sesuai aturan protokol kesehatan. 

Yaitu memakai masker, jaga jarak, tak berkerumun dan menyediakan alat kebersihan di setiap masjid yang melaksanakan salat Ied. 

"Kita juga antisipasi membludaknya warga saat pelaksanaan shalat Id di Masjid Agung dengan cara tak akan hadirnya para pejabat daerah serta para unsur Forkopimda. Sehingga pelaksanaan salat Id tertib dan akan sesuai prokes," bebernya.

Sementara itu, Ketua Harian Masjid Agung Kota Tasik, KH Aminudin Bustomi mengaku informasi ini menjadi kabar bahagia.

Pasalnya, masyarakat masih bisa salat Ied di masjid besar, sesuai protokol kesehatan. 

Hal itu, memang sudah menjadi konsekuensi kalau zona merah pemerintah harus seperti apa dan kalau zona oranye harus bagaimana. 

"Alhamdulillah, tugas kita sebatas maksimalkan apa yang kita bisa. Nuhun doa semua pemimpin adil, masyarakat, semesta dan terwujud artinya ada konsekuensi zona merah gimana zona oranye gimana," tuturnya.

Tambah dia, prokes ketat harus tetap ditempuh. Keputusan ini bagi warga Kota Tasik Insyaa Allah anugrah. 

"Ramadan ini Allah bisa kabulkan keinginan masyarakat. Cuma terhitung sehari, kemarin juga kita koordinasi dengan ulama-ulama lain. Maka kita bersyukur," jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: