Sambut Tol Cigatas Trase Kota Tasik, Dishub Bakal Siapkan LLAJ Induk

Sambut Tol Cigatas Trase Kota Tasik, Dishub Bakal Siapkan LLAJ Induk

KOTA TASIK - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya sudah menyiapkan perencanaan untuk menyambut jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). 

Khususnya untuk di Tol Cigatas trase Kota Tasik, Dishub mengaku rencananya akan membuat Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ)  induk di Jalan Sewaka.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Tasikmalaya, Gumilar mengakatan, untuk persiapan menyambut tol nanti pihaknya sudah menyiapkan rencana induk ini. Persiapan itu sudah dilaksanakan dua tahun sebelumnya. 

"Rencana induk LLAJ ini terus kami siapkan, agar ketika tol beres bisa langsung beroperasi," katanya kepada radartasik.com yang dihubungi ponselnya, Kamis (29/04/21) siang.

Terang dia, hal yang dipersiapkan ini untuk mengantisipasi dan pengaturan fungsi Jalan Tol nantinya. 

Saat ini yang harus segera ada penentuan yakni dari Dinas PUTR untuk menentukan kelas jalannya.

"Kelas-kelas jalan itu harus dipersiapkan sesuai jalan yang akan dilalui oleh kendaraan," terangnya.

Kelas-kelas jalan itu, beber dia, sebetulnya kewenangannya ada di PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang). 

Karena PUTR ini yang mengetahui kualitas jalan yang bisa digunakan oleh kendaraan. 

"Dishub sendiri hanya mengatur fungsi jalan. Tetapi pada intinya kami sudah siap menyambut tol itu bila sudah selesai," bebernya. 

Sampai saat ini, tambah dia, pusat LLAJ itu baru akan ada di Jalan Sewaka, meskipun pihaknya mengajukan lokasi di beberapa titik lainnya.

"Itu sudah ada sampai 2023. Kalaupun tidak ada perubahan di RTRW, karena kita masih mengacu pada yang tahun 2016. Bahkan selain di jalan Sewaka, disisipkan di Mugarsari. Pada intinya kita sudah siap menyambut tol," jelasnya.

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: