50 Hektar Lahan Sawah di Kota Tasik Akan Jadi Jalan Tol Cigatas

50 Hektar Lahan Sawah di Kota Tasik Akan Jadi Jalan Tol Cigatas

KOTA TASIK - Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang sebentar lagi memasuki tahapan pembebasan lahan, akan menggerus sekitar 50 hektare pesawahan.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasik, Muslim mengatakan, informasi yang pihaknya terima bahwa jalan tol trase Kota Tasik akan menggerus sekitar 50 hektare lahan sawah.

"Itu (25 persen, Red) merupakan tanah masyarakat yang 75 persennya sawah," katanya kepada wartawan, Sabtu (24/04/21) siang.

Nantinya, jalan tol Cigatas itu, akan membentang dari perbatasan Kabupaten Tasikmalaya sampai lagi ke perbatasan Kabupaten. 

Sampai saat ini, pihak DPRD belum mendapatkan infromasi lanjutan yang levih detail mengenai pembangunan Tol Cigatas itu. 

Hanya saja, pihaknya mendapatkan infromasi di lapangan bahwa sudah ada pendataan di setiap kelurahan tanah mana saja yang nantinya akan terlewati oleh tol itu.

 "Informasinya yang sudah pasti memang di tahun ini dimulai pembebasan lahannya untuk digunakan trase tol. Kalau undangan sosialisi waktu pembebasan lahannya belum ada. Nanti diinfokan kalau sudah ada yah," terangnya.

Meski demikian, tambah dia, pembangunan tol ini akan berbenturan dengan tata ruang Kota Tasik. 

Maka tata ruang pada tahun 2021 ini akan ada perubahan atau direvisi.

 "Perubahan itu akan mengikuti rencana pemerintah provinsi dan pusat yang akan membangun tol Cigatas ini. Jadi selaras nanti revisi RTRW kita," tambahnya.

Jelas dia, saat ini di lokasi exit tol itu seperti Jalan Swaka sudah ada beberapa pergudangan, industri dan perumahan, termasuk niaga serta perkantoran. Namun nantinya, bocoran dia, akan ada perubahan.

"Ya bisa saja sebagai tempat kawasan industri dan gudang di RTRW yang direvisi. Itu melihat dari kebutuhan dengan adanya exit tol yang baru yakni industri dan pergudangan," jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: