Longsor Terjadi di Dua Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya: Jalan Terputus, Satu Keluarga Kini Mengungsi

Longsor Terjadi di Dua Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya: Jalan Terputus, Satu Keluarga Kini Mengungsi

Radartasik, TASIKMALAYAHujan deras yang melanda Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (24/4/2022) mengakibatkan bencana longsor.

Longsor kali ini terjadi di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang dan Desa Buniashih, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Akibat longsor di dua kecamatan tersebut, jalan terputus dan satu rumah terdampak dan penghuninya mengungsi.

Ketua Forum Komunikasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adi Setia menjelaskan, di Kecamatan Kadipaten, akibat longsor satu rumah terdampak nyaris ambruk.

"Sementara ini yang memang sangat berdampak dua titik itu," katanya kepada radartasik.com, Senin (25/4/2022).

Sementara, longsor jalan di Desa Mandalasari Kecamatan Puspahiang, kata Jembar Adi Setia, karena adanya sumbatan pada saluran air pembuang. 

Akibat sumbatan saluran pembuangan air itu, kata dia, air di atas meluap. Akibatnya, terjadi tanah longsor.

Panjang jalan yang longsor di Puspahiang, kata Jembar Adi Setia, memiliki panjang 40 meter, lebar 6 meter dan tinggi 20 meter.

"Dampak dari longsor tersebut akses jalan penghubung Desa Mandalasari-Dusun Cikurantung, Sagulung dan Karyamekar terputus bahkan,  rumah permanen terancam," jelas Jembar Adi Setia. 

Sementara itu di Kecamatan Kadipaten, akibat tanah longsor, satu rumah tidak dihuni lagi, karena dikhawatirkan rumah tersebut akan terbawa longsor.

Pemilik rumah tersebut kini telah mengungsi ke rumah saudaranya. "Karena ditakutkan terjadi longsor susulan," kata Jembar Adi Setia.

Petugas gabungan dan masyarkat setempat bergotong-royong membersihkan reruntuhan longsoran di Kecamatan Kadipaten tersebut. 

"Itu juga sudah ditangani," kata Jembar Adi Setia. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: