Biar Terhindar Jalur Macet, Catat Tanggal dan Lokasi untuk Mudik Lebaran

Biar Terhindar Jalur Macet, Catat Tanggal dan Lokasi untuk Mudik Lebaran

Radartasik, BANDUNG – Wilayah Jawa Barat dinyatakan siap menyelenggarakan mudik dan angkutan Lebaran tahun 2022. Empat poin yang menjadi pangkal penanganan mudik Lebaran telah terkoordinasi dengan baik.  

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dilansir laman resmi Kementerian Perhubungan RI melalui Biro Komunikasi dan Informasi Publik.

Hal tersebut dibahas saat rapat koordinasi kesiapan Jawa Barat dalam penyelenggaraan Angkutan Lebarat tahun 2022, pada Sabtu (23/4).

Menko PMK menyampaikan, empat hal yang dikoordinasikan dalam penangangan mudik tahun 2022 ini.

Yaitu tata kelola lalu lintas ditambah ketersediaan BBM secara baik; pelaksanaan vaksinasi terutama vaksin booster; ketersediaan bahan pokok; dan mengantisiasi kemungkinan-kemungkinan adanya peristiwa bencana serta edukasi terhadap pemudik agar memiliki perilaku yang membuat mudiknya aman dan sehat.

“Dari penjelasan Pak Kapolda Jabar dari Pak Wagub Jabar, semuanya menandakan bahwa Jawa barat sudah siap untuk menyukseskan pelaksanaan mudik tahun ini,” ucap Menko PMK.

Menko Muhadjir berharap, mudik tahun ini membawa kegembiraan bagi masyarakat dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. 

“Siapkanlah perjalanan mudik dengan sebaik-baiknya, termasuk berperilaku baik dan bertanggung jawab. Jangan datang membawa Covid-19 atau pulang membawa Covid-19. Segera lakukan vaksin booster,” imbau dia.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengatakan, Jawa Barat menjadi daerah tujuan terbesar pemudik yang ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Diprediksi, sekitar 14,7 juta orang atau 17 persen dari total pemudik pada tahun ini yang diperkirakan sebesar 85,5 juta orang. 

“Oleh karenanya, kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan simulasi rekayasa lalu lintas jauh-jauh hari yang sudah disepakati dengan Korlantas, BPJT, dan unsur terkait lainnya,” jelas Menhub.

Menhub tidak bosan-bosan mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik (28 s.d 30 April 2022). 

“Dari hasil simulasi tadi sudah menunjukkan angka VC Ratio (atau perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) sudah tinggi atau mendekati macet. Maka, imbauan untuk melakukan mudik hari ini, besok, dan lusa (23 s.d 27 April 2022), harapannya bisa dilakukan,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan sejumlah titik di Jawa Barat yang harus diwaspadai seperti di Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: