Stok Beras di Pangandaran Cukup untuk 6 Bulan

Stok Beras di Pangandaran Cukup untuk 6 Bulan

PANGANDARAN — Ketersediaan beras di Kabupaten Pangandaran cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam enam bulan ke depan. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Yadi Gunawan.


Berdasarkan data, musim panen kemarin petani Pangandaran mampu menghasilkan gabah kering sebanyak 22 ribu ton lebih. Dari 22 ribu ton gabah kering tersebut, dihasilkan 13 ribu lebih ton beras.

Dia menyebut kebutuhan konsumsi beras di Kabupaten Pangandaran mencapai 10,08 kilogram per kapita per bulan. “Jadi secara kesuluruhan kebutuhan konsumsi beras mencapai delapan ribu ton per bulannya,” tuturnya, Rabu (31/3/2021).

Baca juga : SERAM Dorong DPRD Pangandaran Tolak Impor Beras

Selain itu, Kabupaten Pangandaran juga memiliki cadangan pangan daerah (CPD) sebanyak 51 ton beras, yang disimpan di gudang Bulog. “Petani Pangandaran di bulan Februari saja punya ketersediaan beras 39 ribu ton,” jelasnya.

Dengan ketersediaan yang begitu banyak, maka beras di Kabupaten Pangandaran mencukupi untuk enam bulan ke depan. “Termasuk kebutuhan lebaran nanti juga sangat optimis,” ucapnya.

Namun petani di Pangandaran saat ini mengalami masalah dalam menjual gabah. Dimana harga jualnya sangatlah murah.

Seorang petani asal Parigi Sadili (45) tidak khawatir dalam memenuhi kebutuhan beras setiap bulannya. “Kalau soal kebutuhanmah beras mah sudah lebih cukup. Kalau dijual harganya kan murah, jadi digunakan (makan, Red) sendiri,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: