Bulan Puasa, Seluruh Puskesmas di Kota Tasik Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis

Bulan Puasa, Seluruh Puskesmas di Kota Tasik Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis

KOTA TASIK - Seluruh Puskesmas di Kota Tasikmalaya akan melayani vaksinasi Covid-19 pada saat Ramadan. Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan pada bulan puasa sesuai jam kerja. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, Asep Hendra menilai, pelaksanaan vaksinasi pada malam hari hanya akan membebani petugas vaksinator. 

"Kita tetap melaksanakan vaksinasi sesuai dengan jam kerja. Karena kalau malam atau habis sahur, pelaksanaannya agak sulit, yang kerepotan juga petugasnya. Jadi kita tetap laksanakan seperti biasa," paparnya, Selasa (30/03/21) sore.

Selama Ramadhan, terang dia, petugas vaksinator yang dikerahkan juga tetap seperti saat ini. Tidak ada penambahan vaksinator.

Asep menjabarkan, pelaksanaan vaksinasi sata Ramadan tidak akan mengganggu jalannya puasa, apalagi membatalkannya. Selama penerima vaksin sudah sahur dan siap untuk divaksin, vaksinasi tak akan membawa dampak negatif. 

"Selama kita sahur dan makan yang cukup, Insya Allah tidak menyebabkan apa-apa," bebernya

Ia menambahkan, masyarakat juga tak perlu khawatir jika mendapatkan antrean vaksinasi pada siang hari. Vaksinasi dinilai tak akan membuat seseorang lemas atau pusing yang berlebihan.

Apalagi, tambah Asep, kondisi kesehatan penerima vaksin akan diperiksa terlebih dahulu sebelum menjalani vaksinasi. Jika tidak memenuhi kriteria, pelaksanaan vaksinasi akan ditunda.

Ia meminta, masyarakat tetap mendukung program pemerintah dalam vaksinasi Covid-19. "Ini adalah salah satu ikhtiar kita," kata dia.

Hingga saat ini, pelaksanaan vaksinasi di Kota Tasikmalaya untuk pelayan publik masih terus berjalan. 

Dari sekitar 60 ribu sasaran pelayan publik, baru sekitar 20 ribu yang menjalani vaksinasi.

Jelas Asep, kecepatan pelakasanaan vaksinasi di daerah sangat tergantung distribusi vaksin dari pemerintah pusat. "Kalau vaksinnya cepat datang, kita juga bisa cepat melaksanakannya," jelasnya. 

(rezza rizaldi/ radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: