Lapas Banjar Pamerkan Hasil Produk Warga Binaan di Pasar Leweung, Ini Tujuannya

Lapas Banjar Pamerkan Hasil Produk Warga Binaan di Pasar Leweung, Ini Tujuannya

Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayat saat membeli sayuran hasil warga binaan Lapas Banjar di Pasar Leweung, Minggu 2 Juni 2024. Istimewa--

BANJAR, RADARTASIK.COM - Produk hasil warga binaan Lapas Kelas IIB Banjar meriahkan Pasar Leweung di wahana Situ Leutik Desa Cibeureum Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Minggu 2 Juni 2024. 

Produk hasil hutan warga binaan Lapas Kelas IIB Banjar berupa sayuran, buah-buahan olahan makanan ringan hingga kerajinan tangan dipasarkan. 

"Kita memamerkan dan memasarkan produk hasil karya warga binaan Lapas Banjar," ujar Kalapas Banjar Amico Balalembang melalui Kasubsi Giatja Donny Irawan. 

Produk hasil karya warga binaan berupa sayuran, buah-buahan seperti pepaya dan pisang, lalu ada olahan makanan ringan keripik singkong dan kerajinan tangan piring lidi. 

BACA JUGA:Setelah Menunggu Lama, Akhirnya PPPK Kabupaten Pangandaran Hasil Seleksi 2023 Akhirnya Dilantik

Dari produk yang dipasarkan dalam pasar Leweung tersebut, sebanyak 50 paket sayuran terjual, 15 sisir buah pisang terjual, 10 buah pepaya dan 100 picis piring lidi. 

"Alhamdulillah produk hasil warga binaan laris, dan ini menambah kepercayaan masyarakat terhadap mereka juga memiliki skill (kemampuan)," terangnya. 

Menurut dia, pasar Leweung bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap hasil karya warga binaan.

Selain itu, juga adanya peningkatan produktivitas dan kreatifitas dari warga binaan sehingga memiliki bekal keterampilan ketika bebas dari Lapas nanti. 

BACA JUGA:Universitas Islam Darussalam Kabupaten Ciamis Siap Tingkatkan RLS, Carannya Begini

"Ya tentu ini sebagai bekal awal bagi warga binaan Lapas dalam memiliki skill ketika bebas nanti, sehingga ketika sudah keluar bisa produktif," tambahnya. 

Pihaknya berharap masyarakat bisa menerima dengan baik warga binaan ketika mereka bebas nanti dan tidak dikucilkan. Melainkan harus dibimbing ke arah yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: