Ternyata Ini 3 Alasan Burung Langka Tersetrum Meski Bertengger di Atas Kawat Kabel Listrik

Ternyata Ini 3 Alasan Burung Langka Tersetrum Meski Bertengger di Atas Kawat Kabel Listrik

Simak alasan burung langka tersetrum meski bertengger di kawat kabel listrik.-Pixabay-

Ternyata ini 3 Alasan Burung Langka Tersetrum Meski Bertengger di Atas Kawat Kabel Listrik.

RADARTASIK.COM - Saat sedang berjalan-jalan ke luar rumah, sering sekali melihat burung-burung kecil bertengger di atas kawat kabel listrik bertegangan tinggi. Biasanya, jenis burung yang sering bertengger di atas kabel listrik adalah jenis burung kicau.

Yah, memang burung kicau adalah spesies paling banyak di bumi ini. Terdapat kurang lebih 5.700 spesies. Tak heran, kita pasti akan menemukan mereka di daratan bumi mana pun, kecuali di Antartika dan samudera tertentu.

Tapi pernahkah terbesit dalam pikiran, kenapa burung tidak kesetrum meski bertengger di kabel? Nah artikel ini akan mengupas 3 alasan burung langka tersetrum meski bertengger di kawat kabel listrik!

BACA JUGA: Kriteria Calon Peserta PPG Prajabatan 2024, Ada Batasan Usia, Beasiswa Sebesar Rp 17.000.000

1. Burung Mempunyai Anatomi Kaki yang Unik

Burung pengicau atau penyanyi memiliki kaki yang dirancang secara khusus untuk bertengger di berbagai tempat, termasuk kabel listrik. 

Kaki burung ini memiliki tiga jari yang mengarah ke depan dan satu jari mengarah ke belakang, sehingga memungkinkan mereka untuk mencengkeram dengan kuat saat bertengger.

Tendon fleksor pada tubuh burung menghubungkan kaki dan jarinya, dimana secara otomatis akan menekuk dan mengencang saat burung mendarat di tempat bertengger.

BACA JUGA: Truk vs Pikap Bermuatan Buah-buahan Tabrakan Tikungan di Kota Banjar, Ini Kondisi Sopirnya

Hal ini membantu mereka untuk tetap stabil tanpa takut jatuh. Mereka melakukan hal itu untuk mengawasi mangsa, bersiap migrasi atau sekadar beristirahat.

Menariknya, kedua kaki burung tidak mengandung elektron sehingga membuatnya tidak bisa menyalurkan arus listrik ke seluruh tubuhnya.

2. Tidak Ada Kontak dengan Tanah

Salah satu faktor yang membuat burung tidak tersetrum saat bertengger di kawat kabel listrik adalah karena tidak menyentuh tanah.  Tanah memiliki potensi rendah, sedangkan kabel listrik memiliki potensi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: