Tak Ingin Kecelakaan di KM 58 dan KM 370 Terulang Lagi, Korlantas Polri Tangani Blackspot di Jalur Arus Balik

Tak Ingin Kecelakaan di KM 58 dan KM 370 Terulang Lagi, Korlantas Polri Tangani Blackspot di Jalur Arus Balik

Tak ingin kecelakaan di KM 58 dan KM 370 terulang lagi, Korlantas Polri tangani blackspot di jalur arus balik.-korlantas polri-

Tak Ingin Kecelakaan di KM 58 dan KM 370 Terulang Lagi, Korlantas Polri Tangani Blackspot di Jalur Arus Balik 

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Tak ingin kecelakaan di Tol Cikampek KM 58 dan Tol Batang-Semarang KM 370 terulang kembali, Korlantas Polri memerintahkan para Dirlantas untuk menangani blackspot di sepanjang jalur arus balik Lebaran 2024.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas kejadian kecelakaan di KM 58 dan KM 370 pada arus mudik Lebaran kemarin.

Irjen Pol Aan Suhanan menegaskan pihaknya akan menangani titik-titik rawan kecelakaan (blackspot) demi kelancaran pada momen arus balik Lebaran 2024.

BACA JUGA:Volume Kendaraan ke Sejumlah Gerbang Tol Utama di Wilayah Trans Jawa Terus Meningkat, ini Rinciannya

Selama arus mudik Lebaran, Aan menyampaikan tingkat kecelakaan lalu lintas secara umum mengalami penurunan hingga 12 persen.

Pada arus mudik Lebaran tahun lalu, tingkat kecelakaan secara nasional mencapai 1793 kasus, sedangkan Lebaran 2024 menjadi 1.581 kasus.

Lebih lanjut, dia menyampaikan kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal dunia turun 0,04 persen, korban luka berat mengalami kenaikan 19 persen, sedangkan luka ringan turun sebesar 18 persen dibandingkan dengan arus mudik Lebaran 2023 lalu.

Adapun, kasus fatalitas kecelakaan tertinggi terjadi di Tol Cikampek KM 58 yang menyebabkan 12 orang meninggal dunia serta di Tol Batang-Semarang KM 370 yang menyebabkan 7 orang meninggal dunia.

BACA JUGA:Warga yang Wajib Perekaman e-KTP di Kabupaten Pangandaran Ada 333.461 Orang

Kemudian, Aan menjelaskan terkait rencana rekayasa lalu lintas yang akan kembali diterapkan Korlantas Polri selama arus balik Lebaran 2024.

Dia menambahkan rekayasa lalu lintas one way akan diberlakukan di Kalikangkung KM 414 sampai Jakarta-Cikampek KM 72.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas contra flow akan kembali diterapkan sampai KM 47, dan sistem ganjil genap akan diberlakukan dari KM 414 sampai dengan KM 0 Jakarta-Cikampek.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik, Aan menegaskan pihaknya akan menindak tegas terhadap truk 3 sumbu atau lebih yang masih nekat beroperasi selama arus balik Lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub