Apa Tugas CSM di Stasiun Kereta Api? Yuk Kenali Lebih Dekat!
KAI mengerahkan 163 petuas CSM selama masa musim mudik Lebaran 2024.-KAI-
Apa Tugas CSM di Stasiun Kereta Api? Yuk Kenali Lebih Dekat!
RADARTASIK.COM – Selama musim mudik Lebaran 2024, penumpang akan mendapatkan pemandangan berbeda ketika mengunjungi stasiun kereta api.
Pada hari biasa, penumpang hanya dapat menemui petugas di ruang customer service. Kini penumpang akan menemukan petugas customer service berkeliling stasiun.
Siapa mereka? Petugas customer service berkeliling stasiun merupakan Customer Service Mobile alias petugas CSM. Apa tugas petugas CSM di stasiun kereta api?
BACA JUGA: Pemkab Ciamis Salurkan Bantuan Rutilahu, ini Pesan Bupati Herdiat
Petugas CSM bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat berkaitan dengan layanan kereta api. Mereka bekerja dengan cara jemput bola atau menemui masyarakat di stasiun.
Petugas CSM merupakan hasil rekrutmen anak perusahaan PT KAI yakni KAI Wisata dengan proses yang transparan dan terbuka.
Calon petugas CSM yang lolos seleksi langsung mengikuti pelatihan selama satu hari yang diadakan Unit Customer Care KAI.
Ruang lingkup pekerjaan CSM, pelayanan prima, update regulasi, penggunaan aplikasi Access by KAI hingga KAI Pay merupakan materi pelatihan yang disampaikan kepada petugas CSM.
BACA JUGA: Pintu Utama ke Pantai Pangandaran Khusus untuk Pembayaran Non Tunai
Setelah mengikuti pelatihan, mereka melakukan on job training berupa pengenalan area stasiun, jadwal keberangkatan, informasi tentang posisi kereta api, fasilitas pelanggan dan pengenalan staf yang bertanggung jawab di stasiun.
Pada masa mudik Lebaran 2024, sebanyak 163 petugas CSM bertugas mulai dari 31 Maret hingga 21 April 2024.
Mereka bertugas di beberapa stasiun di wilayah kerja Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember hingga Divre I Sumatera Utara.
Selama bertugas, mereka harus hadir 30 menit sebelum jadwal kerja dimulai dan menggunakan kelengkapan dinas seperti ID card, kemeja hingga arm band.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: