1.500 Personel Diterjunkan Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Kabupaten Garut

1.500 Personel Diterjunkan Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Kabupaten Garut

Apel gelar pasukan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024. agi sugiana / radar tasikmalaya--

1.500 Personel Diterjunkan Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Kabupaten Garut

GARUT, RADARTASIK.COM - Menghadapi musim mudik lebaran Idul Fitri 2024, Polres Garut telah bersiap dengan melakukan pengecekan jalur serta menyiapkan personel gabungan untuk melaksanakan pengamanan arus lalu lintas. 

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha mengatakan, dalam mengatisipasi lonjakan pemudik yang sudah diprediksi oleh Kementrian Perhubungan, pihaknya sudah menyiapkan personel yang akan diterjunkan ke lapangan.

"Jumlah personil yang kita libatkan sekitar 1.500 personil di Kabupaten Garut gabungan tentunya dengan TNI, Pemerintah Daerah, masyarakat, serta stekholder terkait," paparnya, Rabu 3 April 2024.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Botol Miras dan Knalpot Bising Hasil Razia Selama Ramadhan di Tasikmalaya Dimusnahkan

Dalam mengatisipasi kemacetan yang akan terjadi di jalur mudik, pihaknya sudah menyediakan sekitar 20 posko di tiap titik yang rawan. 

Termasuk jalur-jalur wisata untuk melakukan pengamanan khusus pariwisata. Yonky menjelaskan jalur nasional pun menjadi prioritas penanganan arus mudik ini.

"Jalur nasional ini kita prioritaskan mulai dari arah limbangan dari arah nagreg menuju Limbangan Malangbong ini merupakan jalur nasional tentunya kita akan maksimalkan," terangnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan jalur-jalur untuk rekayasa lalu lintas apabila volume kendaraan meningkat.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran 2024, Sehari Terjadi Tiga Kecelakaan di Jalur Gentong Tasikmalaya

"Kita beberapa titik sudah disiapkan untuk dilakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan dari dua arah," tambahnya.

Beberapa jalan alternatif seperti Jalur Cijapati, Kamojang, dan Cisewu, kondisinya baik dan layak digunakan untuk perjalanan mudik. Sehingga masyarakat bisa memilih opsi jalan untuk menghindari kemacetan.

Sementara itu Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah strategis yang akan dilakulan di lapangan.

Ia mengimbau kepada seluruh petugas yang bertugas dilapangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kondisi fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: