Terus Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Tasikmalaya Hadirkan Inovasi Ramadhan Perekaman di Luar Kantor

Terus Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Tasikmalaya Hadirkan Inovasi Ramadhan Perekaman di Luar Kantor

Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan saat memantau program Ramadhan On the Spot Disdukcapil, kemarin Selasa 19 Maret 2024. ayu sabrina / radar tasikmalaya--

Terus Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Tasikmalaya Hadirkan Inovasi Ramadhan Perekaman di Luar Kantor

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Warga Kecamatan Kawalu merasa jarak antara rumah mereka dan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya sangat jauh. 

Terlebih lagi bagi lansia dan penyandang disabilitas mengaku kesulitan untuk datang ke pusat pelayanan, karena keterbatasan fisik serta waktu.

"Perjalanan ke kantor Disdukcapil memang jauh dari rumah, dan prosesnya pun lama," ujar Emay Isnawati (44), orang tua dari anak ODGJ di Kawalu, kemarin Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:Harga Nokia Style Plus 2024 dengan Spesifikasi Lengkap Harganya Cuma Segini

Dalam upaya memenuhi target perekaman data KTP tahun ini, Disdukcapil Kota Tasikmalaya memperkenalkan program baru bernama Ramadhan On the Spot.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Imih Misbahul Munir menuturkan, program ini memberikan apresiasi kepada lansia, penyandang disabilitas, dan ODGJ dengan memberikan santunan dari kantong pribadi para pegawai.

"Program ini adalah semangat dari para pegawai untuk berbagi pahala dan membangun kepedulian. Kami menggalang dana secara sukarela untuk membantu mereka yang memiliki disabilitas, lansia, dan ODGJ," tutur Imih.

Selama bulan Ramadhan, program ini menyediakan layanan seperti perekaman dan pencetakan KTP, pencetakan KIA, update KK, hingga penerbitan akta kelahiran dan akta kematian.

BACA JUGA:HP POCO Ram 8 GB dan Seri Lainnya Turun Tahun ini, Cek di Sini Untuk Lebih Lengkapnya

Menurut Imih, program ini merupakan bentuk aktualisasi pelayanan prima kepada masyarakat dan membantah anggapan bahwa Disdukcapil Kota Tasikmalaya lambat dalam memberikan layanan serta mencurigai adanya pungli.

"Kami ingin menunjukkan kepada warga bahwa layanan kami lancar, tanpa hambatan, dan tanpa pungli," terangnya.

Imih juga menegaskan bahwa kantor Disdukcapil sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk menyambut lansia, penyandang disabilitas, dan ODGJ.

"Walaupun fasilitas di kantor sudah memadai, namun kami tetap mendatangi mereka yang memiliki keterbatasan fisik dan waktu. Bulan Ramadhan ini menjadi momen yang tepat untuk memberikan pelayanan di luar kantor," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: