Viral Karena Dibanggakan Presiden di BRI Microfinance Outlook, Ini Kisah Inspiratif UMKM Naik Kelas Mama Muda

Viral Karena Dibanggakan Presiden di BRI Microfinance Outlook, Ini Kisah Inspiratif UMKM Naik Kelas Mama Muda

Kerupuk Rajungan viral karena dibanggakan Presiden Jokowi di BRI Microfinance Outlook 2024.-BRI-

”Di kampung saya rata-rata semuanya nelayan, dan saat pandemi tidak ada yang beli hasil tangkapan rajungan kita. Kemudian ada tim dari Blue Forest Makassar yang datang ke Kuri Caddi. Dari situ mereka memberi ide supaya ekonomi ibu-ibu di sini bisa berkembang dan menambah penghasilan keluarga. Karena mayoritas hasil tangkapan nelayan di sini rajungan, jadi muncul ide membuat kerupuk rajungan,” ungkapnya. 

Rita dan ibu-ibu sekitar menerima dengan baik ide tersebut karena mereka sendiri tidak memiliki kegiatan lain. Dari pendampingan dan pelatihan yang didapatkan, akhirnya Rita berhasil memproduksi keripik rajungannya sendiri. 

BACA JUGA: Masih Dibuka, Yuk Gali Potensi dengan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 64 di Sini, Ada Banyak Keuntungannya Lho

Produk yang dihasilkan selain kerupuk rajungan ada sambal ikan bete-bete, oseng-oseng ebi, sambal kerang dan teh herbal. Proses produksinya dikerjakan secara berkelompok dengan 2 orang rekan lainnya di rumah. Sementara itu, pemasaran produk Keripik Rajungan ini juga sudah mencapai daerah lain seperti Bogor, Kalimantan, Bone, hingga Jakarta. Meskipun jumlahnya masih sedikit, tapi Rita bersyukur produknya disukai oleh masyarakat. 

Menjadi Pelaku UMKM yang Naik Kelas

Rita mengaku awalnya ia mendapatkan bantuan permodalan dari program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) dari PNM dan sudah menjadi nasabah sejak tahun 2016. Pinjaman yang didapatkan bertahap, mulai dari Rp2 juta hingga mencapai Rp8 juta yang menurutnya sangat membantu dalam mengembangkan usaha. 

”Pinjaman ini sangat membantu mengembangkan produk dan juga kemasan. Karena kemasan produk juga membutuhkan biaya yang banyak,” ungkapnya. 

BACA JUGA: Clean Sheet Saat Lawan PSIS Semarang, Bali United Buntuti Persib di Papan Atas, Ini Pesan Coach Teco

Atas kerja keras dan kegigihannya, usaha Rita terus berkembang dan menjadi pelaku usaha yang naik kelas.  Rita akhirnya kemudian menjadi nasabah BRI dan mendapatkan pendanaan KUR. 

”Pinjaman BRI sekarang saya dapat Rp35 juta, jadi sangat membantu sekali. Selain untuk mengembangkan usaha saya, juga membantu usaha suami saya yang seorang nelayan,” imbuhnya. 

Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada PNM Mekaar dan BRI yang sudah memberikan kesempatan modal usaha yang sangat membantunya mengembangkan usaha demi meningkatkan ekonomi keluarga. 

”Saya sangat berterima kasih kepada PNM Mekaar dan terutama BRI karena sudah membantu para pelaku UMKM kecil seperti saya memberi pinjaman dengan bunga rendah, sehingga tidak memberatkan kami,” lanjut Rita.

BACA JUGA: Menyelami 4 Perbedaan Sifat Lee Ji Han dan Lee Do Han, Kakak-Adik Dalam Drakor Wedding Impossible

Ke depannya, Rita berharap bahwa produknya bisa lebih dikenal masyarakat luas. Ia pun berharap pemerintah dan lembaga terkait lainnya bisa lebih memperhatikan UMKM kecil seperti yang ia kelola, agar bisa semakin maju dan berkembang meskipun berada di lokasi yang terpencil. 

Mama Muda merupakan salah satu contoh pelaku UMKM yang berhasil naik kelas berkat keberadaan Holding Ultra Mikro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: