Ini Penyebab Kenaikan Harga Sembako Menjelang Bulan Suci Ramadan di Tasikmalaya

Ini Penyebab Kenaikan Harga Sembako Menjelang Bulan Suci Ramadan di Tasikmalaya

Harga telur ayam naik di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya jelang Ramadan, Selasa 5 Maret 2024. ujang nandar / radartasik.com--

Ini Penyebab Kenaikan Harga Sembako Menjelang Bulan Suci Ramadan di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Tidak hanya daging dan telur asam saja yang harganya naik menjelang Bulan Ramadan. Tapi juga terjadi kenaikan pada harga cabai merah, beras, daging sapi.

Kepala Bidang Perdagangan Diskop UMKM Perindag Kabupaten Tasikmalaya Lina Rochmawati mengatakan, hasil pemantauan lapangan, bahwa terdapat kenaikan pada beberapa komoditas mulai dari harga beras, cabai merah, daging ayam, telur ayam. 

"Saat ini untuk harga beras naik Rp 300, cabai merah naik Rp 2.667, daging ayam naik Rp 467, telur ayam Rp 50 daging sapi Rp 3600," katanya kepada radartasik.com saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa 5 Maret 2024.

BACA JUGA:Drakor Romansa Queen of Tears Tayang di Netflix, Berikut Sinopsis dan Jadwal Tayangnya

Kenaikan harga beberapa komoditas itu penyebab khususnya yakni beras naik karena disebabkan banyak petani yang gagal panen. Hal ini disebabkan cuaca ektrem khususnya elnino. 

"Di bulan-bulan sebelumnya kan gagal panen, sehingga mempengaruhi produksi dan meningkatnya harga gabah, bulan sekarang petani baru masa bercocok tanam sehingga mempengaruhi stok beras yang beredar," ujar Lina.

Sementara itu untuk komoditi lain yang mengalami kenaikan seperti telur, daging ayam dan sapi disebabkan kurangnya pasokan dari daerah penghasil sehingga berkurang di pasaran. 

"Karena pasokan minim permintaan banyak, sehingga harga komoditi tersebut naik," terang dia.

BACA JUGA:Aksi Tawuran Dua Kelompok di Kota Banjar Dipicu Masalah Sepele, Ini Penyebabnya

Berbagai upaya akan dilakukan pemerintah, salah satunya yakni akan digelar operasi pasar murah di beberapa tempat dengan tujuan menekan harga. 

"Insya Allah besok akan ada OPM di Kecamatan Ciawi, hari Kamis Kecamatan Pancatengah dan pada hari Jumat di depan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: