Puting Beliung Mengamuk di Kabupaten Ciamis, Ratusan Rumah Rusak

Puting Beliung Mengamuk di Kabupaten Ciamis, Ratusan Rumah Rusak

Rumah warga Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis yang terhalang pohon tumbang akibat puting beliung, Selasa 27 Februari 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Puting Beliung Mengamuk di Kabupaten Ciamis, Ratusan Rumah Rusak

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Cuaca ekstrem melanda Kabupaten Ciamis. Kemarin Senin, 26 Februari 2024, ratusan rumah warga mengalami kerusakan akibat puting beliung mengamuk.

Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Ciamis, ada lima kecamatan yang terdampak angin kencang atau puting beliung. 

Terparah di Kecamatan Sadananya ada 136 rumah dan bangunan lain yang terdampak. Yaitu 117 rumah di Desa Mangkubumi, 17 rumah di Desa Bendasari, 1 rumah di Desa Sadananya, dan 1 rumah di Desa Werasari.

BACA JUGA:Pemkab Pangandaran Berikan Bantuan kepada Warga yang Rumahnya Tersambar Petir

Selanjutnya Kecamatan Ciamis yang terdampak 2 rumah di Desa Cisadap. Lalu Kecamatan Rancah terdampak ada 1 rumah Desa Cisontrol dan 1 rumah Desa Rancah. 

Ditambah Kecamatan Cikoneng ada 3 rumah yang terdampak di Desa Sindangsari dan Kecamatan Purwadadi. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat mengatakan akibat cuaca ekstrem kemarin, selain longsor juga ada angin kencang yang menimbulkan rumah rusak, pohon tumbang, dan lainnya. 

Ada lima kecamatan yang terdampak angin kencang atau putih beliung yaitu Sadananya, Ciamis, Cikoneng, Purwadadi dan Rancah. 

BACA JUGA:Pendaki Gunung Cikurai Kabupaten Garut Diimbau Cek Perkiraan Cuaca ketika Ingin Melakukan Pendakian

"Akibatnya angin kencang ada lima kecamatan yang terdampak. Tetapi yang terparah di Kecamatan Sadananya," katanya kepada radar tasikmalaya, Selasa 27 Februari 2024.

Untuk yang terparah di Kecamatan Sadananya ada dua desa, yaitu Desa Mangkubumi dan Bendasari yang mendapatkan musibah angin puting beliung. 

Dengan kejadian angin puting beliung seperti di Desa Mangkubumi terjadi pada Senin 26 Februari 2024 pukul 17.00 wib dengan kondisinya hujan, langit gelap, disertai angin kencang dan petir.

"Akibatnya 134 rumah ada kerusakan atap baik akibat angin ataupun tertimpa pohon dan banyak pohon tumbang," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: