Selain PKH dan BPNT, Ada 1 Bansos Lagi yang Sudah Bisa Diterima Manfaatnya Per Januari 2024

Selain PKH dan BPNT, Ada 1 Bansos Lagi yang Sudah Bisa Diterima Manfaatnya Per Januari 2024

Ada 1 bansos lagi yang sudah bisa diterima manfaatnya per Januari 2024 selain PKH dan BPNT. Foto: RBTV/Disway--

Bantuan KIS PBI JK ini memiliki total kuota penerima seluruh Indonesia sebesar 90 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bantuan ini selalu diperbaharui satu bulan sekali. Tujuannya adalah agar penerima bantuan tersebut selalu diupdate dari segi kelayakannya.

BACA JUGA: Wow, Hasil Uji Coba Persib Lawan Dewa United Akan Menentukan Nasib Pemain-Pemain Ini di Skuad Bojan Hodak

BACA JUGA: LUAS! 512GB Memory Internal Nokia N75 Max 5G dan Kamera 200MP Harganya Cuma Segini

Hal ini bertujuan supaya penerima bantuan KIS PBI JK bisa tepat sasaran sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang, yaitu masyarakat yang tidak mampu. 

Pembaharuan data KIS PBI JK ini berfungsi untuk menyeleksi apakah orang yang terdata itu masih layak diberikan manfaat dalam bentuk fasilitas layanan kesehatan ataukah sudah tidak membutuhkan lagi?

Hal ini penting untuk terus diupdate, mengingat adanya kemungkinan bahwa penerima bantuan sudah meninggal, sudah mampu secara ekonomi dan hidup berkecukupan.

Jika setelah diverifikasi ternyata penerima bantuan KIS PBI JK ini sudah tidak membutuhkan bantuan lagi, maka secara otomatis bantuan KIS PBI JK akan dinonaktifkan. 

Dampak Jika KIS PBI JK Dinonaktifkan

Dilansir dari kanal youtube Diary Bansos, yang melakukan update terbaru pada Januari 2024 ini disampaikan bahwa keluarga penerima manfaat (KPM) PBI JK sudah didahulukan penerbitan SK-nya. 

Bantuan ini sudah bisa diakses melalui SIKS NG atau cek bansos, baik melalui aplikasi maupun wesite resmi pada laman cekbansos.kemensos.go.id.

Para KPM bisa cek di sana, apakah masih terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. Jika terdaftar dan masih aktif maka keterangan di periodenya Januari 2024.

Artinya bantuan KIS PBI JK bisa dimanfaatkan untuk melakukan akses pada pelayanan kesehatan secara gratis mulai periode Januari 2024.

Sebagai informasi, bantuan KIS PBI JK ini tidak diberikan dalam bentuk uang atau barang melainkan dalam bentuk akses pelayanan kesehatan gratis. 

Di Kemensos RI, bantuan KIS PBI JK ini adalah yang utama. Konsekuensinya adalah apabila dalam proses verifikasi kelayakan penerima bantuan PBI dinonaktifkan dengan beberapa alasan yang disebutkan di atas seperti meninggal dan-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: