ADA Dua Kelompok KIP Kuliah yang Diberikan Kepada Mahasiswa, Apa Saja? Ini Dia

ADA Dua Kelompok KIP Kuliah yang Diberikan Kepada Mahasiswa, Apa Saja? Ini Dia

Ada dua kelompok KIP Kuliah yang diberikan kepada mahasiswa, apa saja? Ini dia.-Suryadi/radartasik.disway.id-

ADA Dua Kelompok KIP Kuliah yang Diberikan Kepada Mahasiswa, Apa Saja? Ini Dia

RADARTASIK.COM - Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu namun mempunyai potensi akademik yang baik.

Ada dua kelompok KIP Kuliah yang diberikan kepada mahasiswa yang akan menempuh di perguruan tinggi yakni KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.

Pengertian KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki potensi akademik namun memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi.

Sedangkan, KIP Kuliah Afirmasi merupakan bantuan biaya pendidikan yang dikhususkan untuk putra-putri yang berasal dari Papua, Papua Barat, dan putra-putri yang berasal dari daerah 3T.

BACA JUGA:Tidak Punya KIP dan KKS, Apakah Calon Mahasiswa Baru Tetap Bisa Daftar KIP Kuliah? Ini Penjelasannya

KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi menjadi dua program bantuan biaya pendidikan yang dapat menjamin keberlangsungan proses belajar mahasiswa di perguruan tinggi.

Maka tak heran, program KIP Kuliah banyak dicari oleh calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Menariknya, bantuan biaya pendidikan yang diberikan dari program KIP Kuliah ini diberikan secara full selama mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan demikian, mahasiswa penerima KIP Kuliah yang sedang belajar di kampus tak perlu khawatir untuk memikirkan biaya karena semuanya telah ditanggung oleh pemerintah.

BACA JUGA:Besok PMB PTKIN 2024 Dimulai, Berikut 3 Jalur Seleksi Mahasiswa Baru

Untuk itu, bagi calon mahasiswa baru yang ingin memperoleh bantuan biaya pendidikan dari pemerintah, pastikan melakukan pendaftaran KIP pada saat masih menjadi berstatus sebagai calon mahasiswa baru.

Karena, program KIP Kuliah hanya dikhususkan untuk calon mahasiswa baru bukan untuk mahasiswa aktif yang sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Keunggulan KIP Kuliah dibandingkan dengan program beasiswa lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: web kip k