Menteri Koperasi & UKM Apresiasi Desa BRILiaN Jadi Terobosan Pengembangan Potensi Desa

Menteri Koperasi & UKM Apresiasi Desa BRILiaN Jadi Terobosan Pengembangan Potensi Desa

Menteri Koperasi & UKM apresiasi Desa BRILiaN jadi terobosan pengembangan potensi desa.-BRI-

Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Tahun ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan sejak pertama di tahun 2021. Adapun program Desa BRILiaN telah memasuki tahun keempat.

BACA JUGA: Woww, Sosok 2 Pemain Baru Persib di Mata Bojan Hodak, Akan Dimainkan dalam Laga Uji Coba Persib?

Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Hingga tahun 2023, program tersebut telah diikuti sebanyak 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Objek pemberdayaan Desa BRILiaN sendiri meliputi perangkat desa (kepala desa), pengurus BUMDesa, Badan Permusyawaratan Desa, pelaku usaha desa, serta pegiat produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades).

Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian mengumumkan juara-juaranya yang mendapat hadiah senilai Rp 1 miliar, Juara 2 senilai Rp750 juta dan Juara 3 senilai Rp500 juta. Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta.

BACA JUGA: INTIP! Spesifikasi Nokia C200 Pro 5G 2024 dengan Harga Murah

Sementara, Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing sebesar Rp200 juta.

Tidak hanya itu, BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial wilayah barat, tengah, dan timur. Masing-masing desa akan mendapatkan apresiasi senilai Rp100 juta. Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, BRI juga menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023:

Kategori Utama

- Juara I : Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah

- Juara II : Desa Cikaso, Kuningan, Jawa Barat

- Juara III : Desa Lerep, Semarang, Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: