Begini Teknik Lepas Cincin Macet ala Petugas Damkar Kota Banjar, Butuh Waktu hanya...

Begini Teknik Lepas Cincin Macet ala Petugas Damkar Kota Banjar, Butuh Waktu hanya...

Danru A Damkar Kota Banjar, Iwan Wiguna saat diwawancara, Selasa 9 Januari 2024. anto sugiarto / radartasik.disway.id--

Begini Teknik Lepas Cincin Macet ala Petugas Damkar Kota Banjar, Butuh Waktu hanya...

BANJAR, RADARTASIK.COM - Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjar tak hanya menangani kebakaran saja tugasnya. Tapi melakukan evakuasi cincin macet (tidak bisa dilepas) juga bisa ditanganinya. 

Penanganan evakuasi cincin macet tentu butuh kehati-hatian dan teknik untuk proses pelepasannya, agar tidak mencederai jari

Petugas Damkar Kota Banjar memberikan trik dan teknik cara melepaskan cincin yang macet alias sulit untuk dilepas. 

BACA JUGA:Didukung oleh BRI Peduli, Intip Kegiatan Bertani di Tengah Kota Medan

Kepala UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya melalui Danru A, Iwan Wiguna mengatakan, untuk melepas cincin macet tentu ada beberapa teknik atau cara yang digunakan. 

"Bisa menggunakan benang dan alat pemotong, atau gerinda kecil yang diberi air," katanya Selasa 9 Januari 2024 kepada awak media. 

Dia menerangkan, untuk teknik penanganan pelepasan cincin macet ini, tergantung objeknya dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Misal jika di jarinya terdapat luka atau bernanah akibat bengkak sudah terlalu lama, maka proses penanganan dengan cara dipotong dengan gerinda perlu kehati-hatian. 

BACA JUGA:Punya Kisah Legenda, Situ Bagendit dan Situ Cangkuang Justru Jadi Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Garut

Tekniknya dengan dianalisa terlebih dulu kemudian dipotong satu-satu dari arah kiri ke kanan dan melihat objeknya.

"Selain itu, dilihat juga dari jenis cincinnya seperti apa. Karena ada yang terbuat dari stainles, kuningan, perak sampai emas," bebernya.

Lanjut dia, penanganan pelepasan cincin macet dengan benang harus dilihat alur pori-pori dan kulitnya dan ini biasanya rentan terjadi oleh anak-anak. 

Untuk proses pelepasan cincin macet ada yang hanya membutuhkan waktu 15 menit, setengah jam bahkan hingga berjam-jam lamanya (khusus anak-anak) karena harus ditenangkan terlebih dulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: