Kabar Baik Buat Madu Kelulut Kampung Dumaring, Dr Wida: Sebanding dengan Madu dari Luar Negeri

Kabar Baik Buat Madu Kelulut Kampung Dumaring, Dr Wida: Sebanding dengan Madu dari Luar Negeri

Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd memperlihatkan madu kelulut Kampung Dumaring saat pameran produk KUPS Pangalima Jerrung Kampung Dumaring di Rest Area Dumaring, belum lama ini.-Tiko Heryanto-radartasik.disway.id

BERAU, KALTIM, RADARTASIK.COM - Pantas jika madu kelulut Kampung Dumaring kini serius dikembangan. Kabar baik buat madu kelulut Kampung Dumaring karena memiliki kualitas yang sebanding dengan madu dari luar negeri.

Hasil produksi kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Pangalima Jerrung Kampung Dumarig Kabupaten Berau, Kaltim, ini memiliki kualitas madu yang sebanding dengan madu dari luar negeri. 

Kerberadaan dan potensi KUPS madu kelulut Kampung Dumaring menjadi perhatian serius untuk dikembangkan. Peternak yang masuk kelompok KUPS madu terus berbenah.

Target di 2024, madu kelulut Kampung Dumaring lolos serta mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA:Bojan Hodak Bawa Kabar Baik soal Persib Jelang Latihan Perdana, Bagaimana dengan Nasib Marc Klok dan Edo?

“Rekomendasi yang kami terima hasil lab, bahwa kadar air dan pengemasan terus kita perbaiki agar lolos BPOM. Termasuk kami tengah menyusun business plan,” ungkap Nana Sumanah, pendamping KUPS Madu Kelulut Kampung Dumaring, sekaligus sebagai Financial Controller Program Kolaborasi Konservasi Hutan dan Sungai Kampung Dumaring. 

Madu kelulut Kampung Dumaring mengandung gula C4. Madu ini dihasilkan dari lebah-lebah yang memproduksi madu dengan mendapatkan makanan dari bunga-bunga yang ada di sekitar Kampung Dumaring.


Tim Embrio Food Laboratory bersama Tim Program Kolaborasi Konservasi Hutan dan Sungai Dumaring saat observasi ke peternak lebah penghasil madu kelulut di Kampung Dumaring pertengahan Desember 2023. -Tiko Heryanto-radartasik.disway.id

Untuk memastikan kualitas madu kelulut Kampung Dumaring, PT Gagas Dinamiga Aksenta sebagai pengelola Program Konservasi Hutan dan Sungai Dumaring menggandeng PT Embrio Biotekindo, laboratorium pangan asal Bogor. 

PT Embrio Biotekindo melihat langsung peternakan madu kelulut Kampung Dumaring.

Selama empat hari di pertengah Desember 2023 lalu, Tim Embrio dipimpin langsung Dr. ir. Wida Winarno MSi berkunjung ke sejumlah area peternakan madu kelulut yang tergabung dalam KUPS Lalimut Dumaring.

BACA JUGA:ATURAN BARU, Pemain Persib Dilarang Bicara ’Hal Sensitif’ Ini kepada Publik, Bobotoh Diminta Maklum 

Peneliti pangan asal Bogor ini mendatangi lebih dari 8 lokasi tempat budidaya madu kelulut Kampung Dumaring didampingi Direktur PT Gagas Dinamiga Aksenta Odjat Sujatnika. 

Di semua tempat budidaya madu kelulut --berupa kotak budidaya--, Tim Embrio Food Laboratory meneliti dan mengambil sampel guna mengetahui rasa dan tingkat keasaman madu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: