7,2 Juta Surat Suara Pemilu di Kabupaten Tasikmalaya Disortir, Masih Ada Petugas yang Kebingungan Cara Melipat

7,2 Juta Surat Suara Pemilu di Kabupaten Tasikmalaya Disortir, Masih Ada Petugas yang Kebingungan Cara Melipat

Petugas pelipatan suara sedang melipat surat suara di gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 9 Januari 2024. ujang nandar / radartasik.com--

7,2 Juta Surat Suara Pemilu di Kabupaten Tasikmalaya Disortir, Masih Ada Petugas yang Kebingungan Cara Melipat  

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - KPU Kabupaten Tasikmalaya mulai melakukan penyortiran dan pelipatan terhadap 7.267.830 lembar surat suara Pemilu, Selasa 9 Januari 2024. 

Penyortiran dan pelipatan tersebut dilakukan di Gedung Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya, Jalan KH Ruhiat, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna. 

Pelipatan tersebut dilakukan oleh petugas sebanyak 780 orang yang masing-masing 20 orang perwakilan tiap PPK (Panitia Pemilih Kecamatan).

BACA JUGA:Mengapa Polytron Fox S Lebih Murah Ketimbang Sang Kakak, Simak Perbedaannya di Sini

Pantauan radartasik.com di lokasi, masih ada beberapa petugas yang kebingungan cara melipat surat suara. Meskipun petugas itu akhirnya bisa melipat karena diperlihatkan cara melipat surat suara oleh petugas KPU.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami mengatakan, KPU menargetkan pengerjaan sortir lipat surat suara ini selama 10 hari ke depan yang dimulai hari ini, Selasa 9 Januari 2024. 

"Target pengerjaan selama 10 hari ke depan. Per hari kami kerjakan selama 24 jam dengan menggunakan sistem sift atau bergantian," katanya saat ditemui di Gedung MUI.

Untuk memudahkan pelipatan para petugas melipat surat suara menggunakan alat bantu dengan botol kaca bekas minuman, botol bekas parfum, dan potongan pipa. 

BACA JUGA:9 Januari 1900, 8 Pemuda Italia Didirikan Lazio, Pilih Simbol Elang Sebagi Simbol Kekuatan

"Beberapa memang ada yang menggunakan alat bantu. Itu kami perbolehkan. Tapi sebelumnya kami pastikan bahwa botol-botol tersebut sudah tidak ada isinya. Semua alat bantu itu dalam kondisi kering," terangnya.

Adapun target surat suara yang akan dilipat sebanyak 7.267.830 lembar. Pelipatan tahap pertama mendahulukan surat suara untuk DPRD Provinsi Jawa Barat.  

"Itu yang kami dahulukan. Karena surat suara sendiri memang belum datang semuanya. Rencananya hari ini akan datang surat suara untuk Pilpres dan DPD RI," beber Ami. 

Komisioner Bawaslu Divisi P2HM, Syarif Ali menuturkan, dalam pelipatan ini Bawaslu menyarankan lokasi pelipatan steril dari berbagai hal seperti makanan, minuman dan tas para petugas. "Tadi sudah disarankan ke KPU harus steril," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: