Kopi Ini Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat Pemberdayaan BRI ’KlasterkuHidupku’

Kopi Ini Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat Pemberdayaan BRI ’KlasterkuHidupku’

Berkat pemberdayaan BRI ’KlasterkuHidupku’, Kopi Ambaidiru jangkau pasar lebih Luas.-BRI-

Kopi Ini Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat Pemberdayaan BRIKlasterkuHidupku

KEPULAUAN YAPEN, RADARTASIK.COM – Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Bahkan dari ujung ke ujung negara ini, terdapat banyak jenis kopi berbeda yang bisa ditemukan.

Salah satu produsen kopi terkenal di Indonesia ternyata ada yang berasal dari Papua, tepatnya di Kampung Ambaidiru di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.

Bernama Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru yang sudah berdiri sejak tahun 1975. Simeon Simara Mora sebagai penanggung jawab kelompok tersebut, menceritakan bahwa produksi kopi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari para orang tua terdahulu.

BACA JUGA: Posisi Persib di Rangking FIFA Keren, Ini Harapan Marc Klok di Tahun Baru 2024, Bagaimana Bobotoh?

BACA JUGA: Dengan Baterai Super Besar Nokia N75 Max 5G 2024 Menjadi Smartphone Tahan Lama Untuk Aktifitas Sehari-hari

Dari biji kopi inilah, masyarakat di sana bisa menopang kehidupan mereka dan membangun perekonomian agar lebih baik lagi.

Dari awal, kopi memang sengaja dipilih karena memiliki kecocokan dengan wilayah di Ambaidiru. Terlebih lagi dengan kondisi geografisnya yang berada di ketinggian 600-1000 dpl.

Dengan faktor pendukung inilah, masyarakat di desa tersebut kemudian terus mengembangkan kegiatan bercocok tanam kopi, khususnya untuk jenis robusta yang menjadi andalan utamanya.

Bahkan hingga saat ini, setidaknya terdapat 200 keluarga yang bekerja mengelola tanaman kopi di lahan seluas 81,27 hektar.

BACA JUGA: Sudah Resmi Harga BBM Turun, Update Harga Pertalite 2 Januari 2024

BACA JUGA: Nokia N73 5G 2023 Ponsel Tercanggih Berikut Harga dan Spesifikasi Lengkap

Hasil panen para petani kemudian diolah menjadi kopi murni tanpa menambahkan campuran apapun. Adapun proses pembuatan bubuk kopi ini dimulai dengan memisahkan biji kopi dan kulitnya.

Setelah dipastikan bersih, biji kopi tersebut akan difermentasi dan dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kadar airnya berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: