Puluhan ODGJ Asal Kabupaten Tasikmalaya Membaik Setelah Dirawat di Bogor, Kini Kembali ke Keluarganya

Puluhan ODGJ Asal Kabupaten Tasikmalaya Membaik Setelah Dirawat di Bogor, Kini Kembali ke Keluarganya

Ilustrasi ODGJ. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Puluhan ODGJ Asal Kabupaten Tasikmalaya Membaik Setelah Dirawat di Bogor, Kini Kembali ke Keluarganya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sebanyak 31 Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) Asal Kabupaten Tasikmalaya, kondisinya membaik setelah mendapatkan pengobatan RSJ dr Marjuki di Bogor, Rabu 6 Desember 2023.

Mereka mendapatkan pengobatan gratis yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, Iyen Nuryanah mengatakan, ke-31 orang ODGJ tersebut telah mendapatkan perawatan selama 18 hari di RSJ dr Marjuki di Bogor. Kondisinya saat ini mereka sudah memperlihatkan ada banyak perubahan. 

BACA JUGA:Tahan Imbang Persib Jadi Modal Bagus PSM Makassar Jelang Hadapi Bhayangkara FC, Ini Kata Bernardo Tavares

"Jika dilihat dari pemeriksaan awal sebelum dilakukan perawatan, dengan kondisi setelah dilakukan perawatan *elihatanya ada banyak perubahan perilaku ke arah yang normal kembali ya" katanya.

Sebelum diserahkan kembali kepada keluarganya, mereka dikumpulkan dahulu di ruangan kantor Dinas kesehatan.  

"Sebelum kita serahkan kembali kepada keluarganya, kita lakukan dulu pemeriksaaan kesehatan badanya, dan Alhamdulillah kondisi badanya pun sehat sehat semua" terangnya.

Ke-31 orang ODGJ dari beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Tasikmalaya tersebut. Untuk selanjutnya, Iyen berpesan kepada keluarga para pasien ODGJ agar bisa menjaga dan merawat saudara saudaranya yang menderita ODGJ dengan baik dan sabar. 

BACA JUGA:Daftar Harga Terbaru Suzuki Jimny dan Spek yang Membuat Mobil Berkarakter Off-Road

"Intinya merawat pasien ODGJ itu harus telaten dan sabar, dan jangan lupa meminum obat yang telah diberikan oleh pihak RS," pesannya. 

Sementara itu, Warman, Babinsa Cidugaleun yang ikut menjemput pasien mengaku sangat berterima kasih Kepada pemerintah yang telah membantu perawatan saudaranya yang menderita ODGJ. 

"Kami sangat bersyukur karena pemerintah telah membantu perawatan warga saya yang sudah lama menderita ODGJ, semoga saudara saya ini bisa sembuh dan normal kembali," tutur Warman. 

Menurutnya setelah mendapat perawatan secara intensif selama 18 hari, warganya tersebut yang sudah lama menderita ODGJ daj kini sudah terlihat banyak perubahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: