Antisipasi Kasus Cacar Monyet, Dinkes Garut Perintahkan Rumah Sakit Siapkan Ruangan Khusus

Antisipasi Kasus Cacar Monyet, Dinkes Garut Perintahkan Rumah Sakit Siapkan Ruangan Khusus

RSUD dr Slamet, salah satu rumah sakit yang ada di Kabupaten Garut. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Antisipasi Kasus Cacar Monyet, Dinkes Garut Perintahkan Rumah Sakit Siapkan Ruangan Khusus

GARUT, RADARTASIK.COM - Dengan sudah banyaknya sebaran kasus penyakit cacar monyet di beberapa daerah, membuat Pemerintah Kabupaten Garut bergerak cepat dalam upaya antisipasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan seluruh rumah sakit untuk mempunyai ruangan khusus guna penanganan kasus ini jika terjadi.

"Menyiapkan ruangan ya, minggu depan kita akan mengundang semua direktur rumah sakit untuk menyiapkan ruangan isolasi," katanya, kemarin Kamis 2 November 2023.

BACA JUGA:Cocok Buat Stream Game Spesifikasi Infinix Hot 30 5G HP Spek Dewa dengan Harga Terjangkau

Terang dia, Dinkes Garut sudah menerima laporan di beberapa daerah yang terpapar kausus cacar monyet, namun untuk di Kabupaten Garut belum ditemukan kasus tersebut. "Di Garut kita belum ada laporan ya," terangnya.

Namun meskipun begitu ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan langkah langkah antisipasi seperti memberi tahu petugas di lapangan berkaitan dengan wabah cacar monyet.

"Kita menyampaikan informasi ini ke setiap pasilitas kesehatan dan harus antisipasi," lanjutnya.

Hal lain yang perlu disipakan adalah adanya ruang khusus untuk perawatan pasien cacar monyet di setiap rumah sakit, agar penanganan bisa lebih optimal nantinya.

BACA JUGA:Striker Lokal Ini Dianggap Cocok Gabung Persib, Terbukti Sangat Tajam, Harga Transfernya Rp 4,78 Miliar

Ia menekankan setiap rumah sakit untuk memperisiapkan ruangan isolasi khusus pasien cacar monyet agar penanganan tidak tercampur dan menular ke pasien yang lainnya.

"Minimal kan ada dulu yah, kan sekarang belum ada (ruangan khusus)," jelasnya.

Penanganan wabah yang sejenis seperti flu burung dan covid-19 menjadi pengalaman rumah sakit atau pasilitas kesehatan dalam mengantisipasi hal serupa.

"Kita itu kan sudah pernah berkaca dari pandemi covid-19," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: