Mengapa Lionel Messi Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2023, Ini Kata Juri dari Italia

Mengapa Lionel Messi Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2023, Ini Kata Juri dari Italia

Lionel Messi menjadi pemenang Ballon d'Or 2023 -Tangkapan Layar Instagram @ballondor-

RADARTASIK.COM – Ini kata juri dari Italia, Paolo Condo, mengapa Lionel Messi menjadi pemenang Ballon d'Or 2023 dibandingkan dengan Erling Haaland atau Kylian Mbappé.

Sebagai perwakilan jurnalis asal Italia yang menjadi juri dalam pemilihan Ballon d'Or 2023, Paolo Condo menjelaskan aturan baru yang berlaku saat ini dan bgaimana para juri memilih pemenang penghargaan tersebut.

Menurutnya, dalam aturan baru tersebut, para juri Ballon d'Or 2023 yang terdiri dari 100 jurnalis dari 100 negara dengan peringkat FIFA tertinggi dan hanya menilai penampilan pemain untuk musim terakhir, bukan tahun terakhir. 

Sehingga pencapaian gelar Piala Dunia oleh Lionel Messi bersama Argentina menjadi nilai tambah yang sangat diperhitungkan oleh para juri.

BACA JUGA:Penasaran, Persib Rombak Skuad saat Lawan Madura United, Siapa Pengganti Marc Klok di Lini Tengah?

Menurut Paolo Condo, setiap juri dapat memilih lima pemain, di mana pilihan pertama akan mendapatkan enam poin, yang kedua empat poin, pilihan ketiga mendapat tiga poin, dua poin untuk pilihan keempat, dan satu poin untuk pemain terakhir. 

Ia menjelaskan alasannya memilih Lionel Messi sebagai yang pertama dibandingkan Erling Haaland atau Kylian Mbappé karena pencapaian pemain Argentina tersebut di Piala Dunia Qatar musim lalu. 

"Pertama, memilih Messi karena Piala Dunia di atas segalanya. Kedua, Haaland karena kemampuannya dalam menyelesaikan peluang yang luar biasa, ia membawa Manchester City meraih treble, termasuk Liga Champions," kata Paolo Condò seperti yang dikutip dari Football Italia.

"Mbappé menjadi pilihan ketiga karena unggul dari Haaland dalam hal estetika, tetapi ia masih belum menemukan klub yang dapat membawanya mencapai hasil terbaik," tambahnya.

BACA JUGA:Modal Bagus Persib Hadapi Madura United, Resmi Pemain Belanda Perkuat Skuad Bojan Hodak

"Kedua pemain terakhir saya adalah Rodri dan Kvaratskhelia. Rodri adalah seorang gelandang tengah yang berbakat secara teknis dan menjadi 'titik keseimbangan' di Manchester City dan menjadi produk besar lain dari Guardiola," paparnya.

Paolo Condò mengaku tidak memilih Jude Bellingham yang tampil apik bersama Real Madrid karena pencapaian musim ini tidak masuk dalam penghitungan Ballon d'Or 2023.

"Jude Bellingham tidak masuk dalam pilihan saya. Awal musim yang luar biasa di Real Madrid saat ini menjadi bagian dari materi yang akan diperiksa untuk edisi musim depan," terangnya.

Terakhir, ia menyebut bahwa Napoli dan Arsenal menjadi klub yang paling menarik di Eropa musim lalu, dan ia menjelaskan ebih memilih Kvaratskhelia daripada Osimhen karena lonjakan karirinya yang sangat luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber