Deretan 7 Jalan Tol Layang di Indonesia, Ini yang Terpanjang?

Deretan 7 Jalan Tol Layang di Indonesia, Ini yang Terpanjang?

Deretan 7 jalan tol layang di Indonesia. Jalan Tol layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed menjadi yang terpanjang.-BPJT-

Jalan Tol Bali Mandara merupakan tol laut pertama di Indonesia dengan menggunakan fondasi tiang pancang yang berjumlah hampir 14.000 ribu titik.

Jalan tol ini didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya dan ornamen budaya khas Bali sehingga menyuguhkan pemandangan indah ketika berkendara.

3. Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR)

Jalan tol yang dibangun dengan konstruksi layang di Kota Bogor ini diharapkan dapat menjadi akses pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Bogor dan sekitarnya.

BACA JUGA: Buat Kamu yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service

Jalan Tol BORR beroperasi sejak tahun 2009 dari Sentul Selatan hingga Simpang Semplak sehingga menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik yang semakin memberikan peningkatan di sektor perekonomian daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

4. Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp Melayu 

Jalan tol ini yang dibangun dengan konstruksi elevated (layang) membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang mencapai 15,28 km.

Keberadaan tol yang beroperasi sejak tahun 2017 dibangun di atas Jalan Arteri Kalimalang mengurai kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kalimalang dan sekitarnya.

Selain itu, Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp Melayu memberikan kontribusi yang signifikan untuk dapat mengurai kemacetan lalu lintas kota Jakarta dan Bekasi.

5. Jalan Tol Layang Andi Pangerang Pettarani

Jalan Tol layang AP Pettarani atau yang dikenal Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 di Kota Makassar - Sulawesi Selatan dibangun diatas Jalan Arteri AP Pettarani.

Selain memberikan peran penting dalam peningkatan perekonomian di Kota Makassar dan sekitarnya, jalan tol ini berdampak positif bagi lingkungan.

BACA JUGA: 7 Kawasaki Ninja 2024 Termurah Hingga Termahal, Semua Tampil Gagah, Ini Spesifikasinya

Jalan tol layang AP Pettarani yang beroperasi sejak tahun 2021 ini merupakan salah satu tol layang di Indonesia Timur yang menjadi icon terbaru yang menghiasi Kota Makassar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: