Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 150 Meter Berkibar di Bukit Panyangrayan Sukaraja, Tasikmalaya

Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 150 Meter Berkibar di Bukit Panyangrayan Sukaraja, Tasikmalaya

Bendera berukuran 150 meter x 10 meter berkibar di Bukit Panyangrayan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu 19 Agustus 2023. Istimewa--

Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 150 Meter Berkibar di Bukit Panyangrayan Sukaraja, Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Komandan Rayon Militer (Koramil) /1214 bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan Sukarja melaksanakan pengibaran bendera raksasa di Bukit Panyangrayan Desa Sukapura, Kecamatan Sukarja, Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Pengibaran bendera Merah Putih ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Komandan Koramil/1214, Kapten Inf Adie Jumali, mengibarkan bendera Merah Putih dengan panjang 150 meter dan lebar 10 meter.

BACA JUGA:Sukses Bangkit, Ini Kunci Persebaya Tampil Perkasa di Liga 1, Berhasil Tekuk PSM Makassar

Kapten Inf Adie Jumali menjelaskan bahwa bendera yang dikibarkan memiliki ukuran 150 meter x 10 meter itu dilakukan di Bukit Panyangrayan Desa Sukapura, Kecamatan Sukarja. Proses pengibaran bendera raksasa ini memakan waktu satu bulan.

"Tujuan dari pengibaran ini adalah untuk meningkatkan semangat nasionalisme, terutama di Kecamatan Sukarja dan Kabupaten Tasikmalaya," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu 19 Agustus 2023.

Adie berharap bahwa dengan pengibaran bendera raksasa ini, generasi muda akan semakin memiliki rasa cinta tanah air.

"Ini adalah langkah penting untuk membentuk jiwa nasionalisme pada generasi muda. Pengibaran bendera raksasa ini merupakan bagian dari upaya tersebut," tambahnya.

BACA JUGA:Waspada Berbagai Jenis Modus Penipuan Social Enginering, BRI Beberkan Cara Antisipasinya

Ide dan gagasan untuk mengibarkan bendera raksasa ini berasal dari Koramil, yang kemudian dikoordinasikan dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan Sukarja.

"Ini merupakan pengibaran bendera raksasa pertama kalinya, dan kami berencana untuk melaksanakannya lagi pada peringatan Hari Kemerdekaan RI berikutnya, yang juga akan dirangkaikan dengan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya. Kali nanti, bendera akan memiliki ukuran yang lebih besar, yakni panjang 392 meter dan lebar 17 meter," ungkap Danramil Sukaraja, Kapten Inf Adie.

Letkol Inf R Henra Sukmadjidibrata, Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya, menyampaikan bahwa pengibaran bendera ini mengandung makna bahwa segala sesuatu harus diperjuangkan. Tidak semua kemudahan dapat diperoleh dengan mudah.

"Semangat perjuangan dalam meraih kemerdekaan selama 78 tahun ini harus diingat dan dihargai. Generasi muda harus mengerti sejarah untuk bisa menghargai hasil perjuangan ini, serta berkontribusi positif dalam membangun negara," jelas Letkol Inf R Henra Sukmadjidibrata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: