Katasik, Kawasan Wisata Tematik Kota Tasikmalaya yang Tak Hanya Mural

Katasik, Kawasan Wisata Tematik Kota Tasikmalaya yang Tak Hanya Mural

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat meninjau titik Katasik di Kecamatan Cihideung, Jumat 18 Agustus 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Katasik, Kawasan Wisata Tematik Kota Tasikmalaya yang Tak Hanya Mural

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Proses penataan lorong Katasik atau kawasan wisata tematik di Kota Tasikmalaya sedang bergulir. 

Katasik ini dibuat Pemerintah Kota Tasikmalaya dikarenakan wilayah ini tak mempunyai lokasi wisata seperti gunung ataupun laut.

Hal tersebut dibenarkan Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Jumat 18 Agustus 2023 usai meninjau Gang Katasik di Kecamatan Cihideung.

BACA JUGA:Promo HUT ke-78 RI, Belanja Online di Merchant Partner Pakai OVO Bisa Dapat Diskon Potong Harga

"Katasik itu adalah kawasan wisata tematik. Kota Tasikmalaya ini tidak memiliki gunung, tidak memiliki juga lautan, tapi kita adalah kota pusat perdagangan dan jasa," ujar Cheka.

"Untuk itu kita mencoba untuk mencari titik-titik yang bisa dijadikan tempat wisata. Caranya adalah kita me-make over titik-titik tertentu sehingga bisa dibuat menjadi tempat wisata," sambungnya.

Terang Cheka, tujuan utama Katasik ini adalah mendatangkan sebanyak-banyaknya orang ke Kota Tasikmalaya. Dengan cara membuat Kota Tasikmalaya dijadikan pusat-pusat wisata.

"Walaupun wisatanya bukan wisata alam. Tapi kita bisa membuatnya dengan wisata kota. Tujuan lainnya adalah menambah penghasilan perekonomian masyarakat sekitar titik wisata tersebut," terangnya. 

BACA JUGA:Ada Harta Karun Sumedang Dekat Tol Cisumdawu Yuk Lihat

Beber Cheka, Katasik ini tak hanya berbentuk gang atau lorong. Tapi sisi pertanian kota atau urban farming maupun dari sisi UKM-UKM juga akan didirikan di lokasi Katasik lainnya.

"Karena secara existing UKM-UKM di kita sangat banyak sekali, hanya saja belum terorganisir. Sekarang kita buat spot-spot titik tertentu untuk UKM biar tumbuh dari akarnya," bebernya.

Jadi, tambah Cheka, masing-masing gang-gang Katasik mencirikan wilayahnya dan tak hanya mural saja. Mural adalah salah satu opsi. 

"Tapi seperti yang di sini (Cihideung, Red) kita lihat tak akan mural, tapi vertical garden serta bisa jadi pusat-pusat kuliner," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: