‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Punya Kadar Setara Batu Mulia, Lokasi Ini Disebut Kerajaan Batu Mulia

‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Punya Kadar Setara Batu Mulia, Lokasi Ini Disebut Kerajaan Batu Mulia

Gundukan batu Jasper Merah di Panca Tengah Kabupaten Tasikmalaya tidak hanya berada di aliran sungai saja, namun juga ada beberapa yang berada di daratan dan pesawahan.-Foto: tangkapnalayar/dok peneliti vinki ari lesmana-

Harta Karun’ dari Tasikmalaya Punya Kadar Setara Batu Mulia, Lokasi Ini Disebut Kerajaan Batu Mulia

KAB. TASIK, RADARTASIK.COM - Batu merah atau Jasper Merah yang merupakan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya memiliki kadar yang setara dengan batu mulia.

Beberapa hasil penelitian yang dilakukan di wilayah batu merah atau Jasper merah di Kabupaten Tasikmalaya, ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini masuk dalam kategori siliceous sedimentary stone atau disebut juga batuan dengan komposisi utama berbahan SiO2.

Kekerasan yang dimiliki oleh ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini adalah 6,5-7 pada skala Mohs, hampir setara dengan kekerasan yang dimiliki intan berlian yaitu 1-10 skala Mohs.

BACA JUGA:Keren! Penjualan Tiket Konser Dewa 19 di Kota Tasikmalaya, Presale 2 LUDES Hanya Dalam Waktu 8 Menit!

Selain itu, ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini juga memiliki berat jenis 2,88 sampai dengan 2,89 terbilang cukup ringan.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini adalah memiliki indeks struktur bias 1,54 kristal mikron bila menggunakan siste trigonal.

Perbedaan yang dimiliki oleh batu merah atau Jasper Mera ini adalah tidak tembus cahaya atau disebut dengan kalsedon.

Biasanya batu Jasper memiliki berbagai ciri, termasuk Jasper Merah yang menjadi ‘harta karun’ dari Tasikmalaya. Salah satu cirinya pada variasi warna yang muncul dari proses kimiawi secara alami pada saat pembentukan batu tersebut.

BACA JUGA:TERJAWAB Teka-Teki Teja Paku Alam di Persib hingga Digantikan Fitrul Dwi Rustapa, Ini Penjelasannya

Bagi para pecinta atau kolektor batu mulia, mungkin perlu diketahui bila Jasper Merah yang merupakan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini pun memiliki tekstur dan motif warna yang berbeda sehingga keindahannya pun berbeda-beda.

Berkut beberapa motif yang ada pada batu Jasper:

1. Batu Jasper satu warna: merah, hitam, hijau, putih, kuning, coklat, krem tulang, biru dan lainnya;

2. Batu Jasper berlapis-lapis, sehingga mirip dengan kue lapis ini terjadi karena proses komposisi kimia yang berbeda-beda, namun unsur utamanya tetap sama yaitu SiO2;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: